Rakornas Kepala Daerah

Di Depan Presiden, Tito Laporkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Rakornas di Sentul Internasional Convention Center (SICC) mengusung tema "Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi".

Featured-Image
Mendagri Tito Karnavian membuka Rakonas Kepala Daerah se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat. Foto: apahabar.com/Dianfinka

apahabar, JAKARTA -  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Sentul Internasional Convention Center (SICC) hari ini. Rakornas tahun ini mengusung tema "Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi".

Dihadapan Presiden Joko Widodo, Tito menuturkan, pihaknya bersama kementerian dan lembaga terkait telah melakukan berbagai langkah, seperti rapat koordinasi rutin setiap minggunya.

"Berkat arahan Bapak Presiden serta kolaborasi instansi pusat dan pemerintah daerah dilaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi secara nasional terus menunjukkan angka positif berdasarkan laporan BPS kuartal ke tiga tahun 2022 mencapai angka 5,72 persen," ujar Tito.

Menurut Tito, tingkat inflasi saat ini terkendali dengan baik sesuai dengan data Badan Pusat Statistik pada September 2022 sebesar 5,95 persen. Kemudian pada Oktober 2022 inflasi turun menjadi 5,71 persen.

"Dan pada November 2022 turun menjadi 5,42 persen," jelasnya.

Tito menjelaskan jika saat ini perekonomian daerah juga menunjukkan peningkatan positif berkat kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Kendati demikian, Tito menyebut adanya kenaikan angka inflasi di bulan Desember 2022. Kenaikan tersebut disinyalir berasal dari perayaan hari raya natal dan tahun baru 2023.

"Terakhir bulan Desember terjadi kenaikan sedikit 5,51 persen, karena adanya pola yang bersifat musiman karena adanya hari raya natal dan perayaan tahun baru," pungkasnya

Editor


Komentar
Banner
Banner