Peristiwa & Hukum

Diguyur Hujan Deras, 4 Kecamatan di HSS Terendam Banjir

Total ada sekitar 4 kecamatan di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terendam banjir luapan sungai pascahujan deras pada Selasa (02/01).

Featured-Image
BPBD HSS memantau wilayah terdampak bencana di Kecamatan Padang Batung. Foto-BPBD HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Empat kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terendam banjir, akibat luapan sungai pascahujan deras pada Selasa (2/1/2024).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS mencatat empat kecamatan tersebut yaitu Padang Batung, Sungai Raya, Telaga Langsat, serta Angkinang.

Rinciannya wilayah yang terdampak Desa Pandulangan di Kecamatan Padang Batung, Desa Paharuangan dan Ida Manggala di Sungai Raya, Desa Ambutun di Telaga Langsat, serta Dusun Lok Nyiur dan Lok Bahan di Angkinang.

"Ada beberapa rumah warga yang airnya sampai masuk ke dalam. Tetapi sebagian besar terendam hanya sebatas halaman rumah saja," kata Kepala Pelaksana BPBD HSS, Kusairi.

Kondisi terkini hingga pukul 19.30 WITA, kondisi banjir sudah mulai mengalami penurunan dan berangsur normal.

"Alhamdulillah hasil pemantauan tim kami di lapangan kondisinya sudah surut," jelas Kusairi.

Diakuinya, pukul 16.00 WITA status alat pengukur debit air di Bendungan Amandit Desa Malutu Kecamatan Padang Batung sempat berada pada Siaga 3.

Untungnya, hal ini tak berlangsung lama sehingga tidak berdampak mengakibatkan banjir luapan sungai di Kota Kandangan.

"Waspada banjir bila ketinggian di atas 2,5 meter dan air bertahan antara 1-2 jam dengan catatan air di hilir Sungai Amandit penuh," terang Kusairi.

Baca Juga: 3 Orang Meninggal Dunia Akibat DBD, Dinkes HSS Lakukan Upaya Pencegahan

Editor


Komentar
Banner
Banner