Bisnis

Digitalisasi Membuka Peluang Besar Bagi UMKM untuk Berkembang

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengungkapkan digitalisasi dapat membuka peluang besar dan perubahan drastis bagi perkembangan UMKM

Featured-Image
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Cirebon. (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengungkapkan digitalisasi dapat membuka peluang besar dan perubahan drastis bagi perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Selain itu, konsumen lebih memilih untuk bertransaksi kepada UMKM digital, sehingga pelaku usaha harus melek terhadap pasar digital.

“UMKM Jangan ragu masuk digital. Saat ini konsumen tidak ingin hal-hal yang ribet, apalagi kalau sudah berbicara soal waktu, semua harus cepat,” kata Moeldoko dilansir Antara, Rabu (9/11).

Ia mengaku senang dengan inisiatif masyarakat yang secara kolaboratif mengembangkan ide bisnis melalui program Rumah BUMN.

Baca Juga: Pemilik UMKM Tangkap Peluang Ekspor di G20

"Karena Presiden Joko Widodo berpikir keras bagaimana UMKM bisa naik kelas dan go digital. Rumah BUMN bisa jadi jembatan pelaku UMKM kepada dunia perbankan dan pasar. Tapi kalau anda tidak mau go digital, sudah pasti akan ditinggalkan konsumen," ujarnya.

Program Rumah BUMN berfokus pada pemberdayaan UMKM menjadi go digital. Dengan peningkatan literasi dalam berniaga secara digital, pelaku UMKM diharapkan mampu mendiversifikasi saluran pemasaran produk mereka sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan daya saing.

Moeldoko pada Rabu (9/11) melakukan kunjungan kerja ke Cirebon dan juga Tegal, Jawa Tengah. Salah satu fokus kunjungan kerja ini adalah meninjau pengembangan UMKM di daerah.

Di Tegal, Moeldoko meninjau langsung aktivitas ekonomi di Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari.

Baca Juga: Ketimpangan Digital Jadi Penghambat UMKM Mikro

Selain berdialog bersama para nelayan terkait harga kebutuhan pokok, harga jual ikan dan kebutuhan operasional para nelayan, Moeldoko mengimbau agar produk pengolahan ikan bisa dipasarkan secara digital melalui UMKM agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Editor


Komentar
Banner
Banner