Sport

Didatangkan Gratis, Klausul Lepas Ilkay Gundogan di Barcelona Senilai Rp6,5 Triliun

Seusai didatangkan secara gratis, Barcelona langsung bergerak cepat dengan memasang klausul lepas selangit untuk Ilkay Gundogan.

Featured-Image
Ilkay Gundogan resmi didatangkan Barcelona secara gratis, setelah tidak memperpanjang kontrak bersama Manchester City. Foto: FC Barcelona

bakabar.com, JAKARTA - Seusai didatangkan secara gratis, Barcelona langsung bergerak cepat dengan memasang klausul lepas selangit untuk Ilkay Gundogan.

Gundogan memutuskan tidak memperpanjang kontrak bersama Manchester City, setelah menjalani musim yang apik.

Pemain Timnas Jerman tersebut membawa City meraih treble winners yang ditandai dengan keberhasilan menjuarai Liga Champions 2022/2023.

Dengan status bebas transfer, sejumlah klub mencoba mendekati Gundogan. Namun mantan pemain Borussia Dortmund ini lebih memilih memperkuat Barcelona.

Gundogan sendiri menjadi pemain potensial yang berhasil didatangkan Barcelona tanpa mengeluarkan biaya transfer.

Sebelumnya di musim 2022/2023, Barca menggaet Andreas Christensen, Franck Kessie, Hector Bellerin dan Marcos Alonso dengan metode serupa.

Setelah mendapatkan Gundogan, Barcelona pun bergerak cepat. Seperti dilansir CNN, gelandang berusia 32 tahun ini diikat kontrak dua tahun hingga 2025 mendatang dengan opsi perpanjangan kontrak selama satu tahun.

Dalam kontrak itu, Barcelona memagari Gundogan dengan klausul pelepasan senilai 400 juta euro atau setara Rp6,5 triliun.

Angka tersebut membuat klub-klub lain bakal susah meminang Gundogan dari Barcelona, setidaknya hingga dua musim kedepan.

Kendati sudah berusia kepala tiga, Gundogan diyakini memberi efek besar terhadap Barcelona. Hal ini merujuk dari penampilan sang pemain di musim 2022/2023.

Terlebih Barcelona telah kehilangan Sergio Busquets yang memutuskan hengkang ke Inter Miami, sekaligus bereuni dengan Lionel Messi.

Selain akan menjadi salah seorang pemain berpengalaman di Barcelona, kehadiran Gundogan bisa menutup sektor yang ditinggalkan Busquets.

Bahkan tidak sekadar menjadi pengganti Busquets di sektor gelandang bertahan, Gundogan memiliki nilai plus sebagai pemain serba guna.

Semasa memperkuat Manchester City, Gundogan lebih sering bermain di depan gelandang bertahan bersama Kevin de Bruyne.

Editor


Komentar
Banner
Banner