Pemkab Banjar

Di Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bupati dan Sejumlah Pemuda Terima Penghargaan dari KNPI Banjar

Di hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, Bupati H Saidi Mansyur dan pemuda lainnya menerima penghargaan dari DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banjar.

Featured-Image
Bupati Banjar Saidi Mansyur dan pemuda lainnya menerima penghargaan dari DPD KNPI Banjar, Sabtu (28/10). Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Di hari peringatan Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, Bupati Saidi Mansyur dan pemuda lainnya menerima penghargaan dari DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjar.

Penghargaan diserahkan Ketua KNPI Banjar, Rahmat Saleh, usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura, Sabtu (28/10/2023) pagi.

Saidi Mansyur (36 tahun) menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Muda Berprestasi. Saidi adalah salah satu dari 25 kepala daerah se-Indonesia yang usianya masih di bawah 40 tahun. Ia dinilai punya prestasi selama menjabat jadi bupati sehingga diberikan penghargaan tersebut.

Selain Bupati Banjar, penghargaan lainnya juga diterima oleh Rusman Effendi atas jasanya di bidang seni budaya, kreatif, dan inovatif, pelopor seni rancang bangun berbasis IT yaitu menciptakan lumbung desa digital.

Tak ketinggalan, Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati. Ia adalah aktivis muda peduli lingkungan khususnya pada isu sampah di Martapura. Juga Ketua IPPNU Kalimantan Selatan, Nurul Hikmah sebagai aktivis perempuan berkarakter di bidang organisasi kepemudaan.

Selain itu, Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi juga dapat penghargaan atas jasanya di bidang sosial politik, sebagai politisi muda pembaharu di Kabupaten Banjar. Sayangnya Rofiqi berhalangan hadir saat penyerahan.

Ketua KNPI Banjar Rahmat Saleh bilang, pemuda adalah salah satu pilar pembangunan bangsa, penerus perjuangan bangsa, punya peranan sangat penting. Terlebih sejarah mencatat pembaharuan reformasi digaungkan oleh para pemuda, tonggaknya pada 1928.

Dari segi kacamata politik di Pemilu 2024 ini, pemilih muda lebih mendominasi. Merujuk data KPU RI, sebanyak 58,3 persen pemilih akan datang berasal dari generasi Z dan milenial.

"Ini artinya pemuda saat ini sangat menentukan arah bangsa ke depannya. Makanya hari ini kami memberikan penghargaan kepada beberapa pemuda yang dinilai punya prestasi dan kontribusi terhadap daerah, dan selain itu masih ada pemuda - pemuda di luar sana yang juga punya kontribusi positif tetap kami apresiasi, tahun depan penghargaan seperti ini akan lebih banyak lagi," jelas Rahmat Saleh.

Sementara, Bupati Banjar Saidi Mansyur saat jadi pembina upacara ia membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI.

Ia mengatakan, di Hari Sumpah Pemuda adalah momentum mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan.

"Yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia” katanya.

Saidi Mansyur menjelaskan peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini bertema 'Bersama Majukan Indonesia' dengan logo bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Di akhir amanatnya, ia mengajak membangkitkan semangat kolaborasi semua stakeholder baik kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, organisasi kepemudaan, komunitas serta elemen -elemen lain.

Editor


Komentar
Banner
Banner