DPRD Barito Utara

Dewan Barito Utara Ingatkan Masyarakat Waspada Bencana Banjir

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara H Surianor mengingatkan kepada masyarakat di daerah setempat yang bermukim di dataran rendah akan bencana banjir

Featured-Image
Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara H Surianor mengingatkan kepada masyarakat di daerah setempat yang bermukim di dataran rendah akan bencana banjir pada saat musim penghujan saat ini. Foto: DPRD Barito Utara

bakabar.com, MUARA TEWEH - Anggota DPRD Barito Utara H Surianor mengingatkan kepada masyarakat di daerah setempat yang bermukim di dataran rendah akan bencana banjir pada saat musim penghujan saat ini.

Surianor meminta masyarakat agar kiranya selalu berhati-hati pada saat musim penghujan seperti saat ini, yang menyebabkankan banjir, sehingga yang mempunyai anak kecil yang tidak bisa berenang untuk dijaga.

“Intensitas hujan di saat ini sangat tinggi, mengakibatkan anak sungai di DAS Barito meluap mengakibatkan banjir di beberapa titik ruas jalan di dalam Muara Teweh seperti Jalan Merak, Jalan Panglim Batur, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sumbawa, Jalan Pramuka dan beberapa titik lainnya yang memang merupakan dataran rendah,” kata Surianor, Jumat (31/1/2023).

Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat di daerah ini waspada terhadap bencana banjir dan diharapkan agar yang tinggal di daerah dataran rendah agar kiranya selalu berhati-hati saat banjir seperti sekarang ini, terlebih yang mempunyai anak kecil yang tidak bisa berenang.

Menurut Surianor, pihaknya mengharapkan koordinasi kinerja bersama instansi terkait dalam mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah banjir yang terjadi.

"Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), juga perlu upaya preventif seperti sosialisasi ke masyarakat secara langsung," ujarnya.

Lebih lanjut anggota DPRD dua periode ini juga mengatakan bahwa Kabupaten Barito Utara ini memang sangat besar potensi kekayaan alamnya, seperti pertambangan, perkebunan, dan lain-lainnya namun dari sisi negatifnya juga termasuk daerah rawan bencana salah satunya bencana banjir.

"Seperti bencana kebakaran lahan dan rumah, bencana banjir seperti tingginya curah hujan sehingga meluapnya Sungai Barito sudah sangat sering dan kerap terjadi di setiap tahunnya," kata Surianor.

Selain waspada terhadap banjir, Surianor juga berharap kepada warga masyarakat agar selalu waspada terhadap api, karena api salah satu faktor terjadinya bencana kebakaran, apa lagi baru baru kemarin terjadinya kebakaran yang menghanguskan bangunan rumah warga di Kelurahan Lahei II

Editor


Komentar
Banner
Banner