DPRD Barut

Dewan Barito Utara Berharap Puskesmas Terus Tingkatkan Mutu Pelayanan

apahabar.com, MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara Henny Rusgiarty Rusli berharap agar Dinas Kesehatan melalui…

Featured-Image
Anggota DPRD Barito Utara Henny Rusgiarty Rusli (pakai kerudung) berharap Dinas Kesehatan melalui puskesmas terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara Henny Rusgiarty Rusli berharap agar Dinas Kesehatan melalui puskesmas di daerah ini terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Dinas Kesehatan diharapkan bisa memantau dan mengevaluasi mutu pelayanan puskesmas dan juga untuk mendapatkan data capaian kepatuhan terhadap indikator mutu pelayanan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Tak hanya itu, termasuk pula indikator PPN dan mengevaluasi kepatuhan pelayanan fasyankes terhadap standar-standar pelayanan termasuk kegiatan inovasi.

“Dengan meningkatnya mutu pelayanan maka masyarakat akan merasa nyaman untuk memeriksa kesehatan pada puskesmas yang ada,” kata Henny, panggilan akrab dewan ini.

Sementara itu, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga berharap agar tidak ada penumpukan tenaga kesehatan dalam kota sehingga terjadi kekosongan pelayanan di desa.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Siswandoyo mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Barito Utara.

Salah satunya dengan terus mengadakan rapat monitoring evaluasi (Monev) mutu dan akreditasi secara berkala dengan peserta tenaga kesehatan di puskesmas se kabupaten.

Dikatakan Siswandoyo rapat monev mutu dan akreditasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan DAK Nonfisik Akreditasi dalam upaya mewujudkan pelayanan bermutu di Puskesmas, melalui program peningkatan dan nilai mutu internal (PPMI), oleh tim pembina mutu Dinas Kesehatan (TPMDK).

“Ada tiga kegiatan PPMI yaitu pembinaan mutu, persiapan penilaian akreditasi puskesmas dan monitoring evaluasi mutu dan akreditasi,” tambahnya.

Kabupaten Barito Utara pada tahun 2021 memiliki 17 Puskesmas, dengan Puskesmas terakreditasi sebanyak 16 puskesmas, strata umum sebanyak 2 Puskesmas, madya sebanyak 8 Puskesmas.

“Akreditasi puskesmas bukan hanya pengakuan yang diberikan oleh lembaga eksternal terhadap penilaian kesesuaian proses dengan standar yang berlaku, tetapi juga untuk perbaikan sistem dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyatakat selanjutnya,” pungkasnya

Komentar
Banner
Banner