Hot Borneo

Pasang Erly Warning System, Upaya BPBD Tabalong Deteksi Dini Adanya Banjir

Sebagai upaya mendeteksi dini bencana banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memasang Erly Warning System (EWS) di sungai Tabalong

Featured-Image
BPBD Tabalong saat melakukan pemasangan alat EWS untuk mendeteksi dini terjadinya banjir. Foto - BPBD Tabalong.

bakabar.com, TANJUNG - Sebagai upaya mendeteksi dini adanya bencana banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memasang Erly Warning System (EWS) di sungai Tabalong.

Lokasinya di Sungai Tabalong kanan di wilayah Kecamatan Muara Uya dan Sungai Tabalong kiri di Desa Mahe Seberang,Tanjung.

"Dipilihnya dua lokasi tersebut karena di sana merupakan pertemuan antar sungai," kata Kepala Pelaksana BPBD Tabalong, Zahirsyah Manuar, Senin (26/12).

Zahir bilang alat tersebut merupakan bantuan dari BNPB pusat, dan pemasangannya sudah selesai dilakukan.

"Saat ini alat tersebut masih dalam masa uji coba, sembari tim kita juga akan ke pusat untuk menyinkronkan data debit airnya," terangnya.

Menurut Zahir, sebelum beroperasi, petugas khusus menangani operasional EWS dilatih terlebih dahulu.

EWS sendiri dilengkapi dengan CCTV serta sirine yang akan bekerja apabila debit air mengalami peningkatan.

“Sistemnya itu apabila debit air meningkat itu akan terpantau, dan sirine akan berbunyi. Lalu, itu akan konek dengan komputer yang berada di kantor BPBD, dan itu langsung kita beritahukan ke masyarakat," beber Zahir.

Dengan adanya alat ini, lanjut Zahir,  pihaknya dapat segera melakukan mitigasi di daerah rawan bencana.

“Dengan deteksi awal ini, maka diharapakan bisa segera melakukan antipasi dan dapat meminimalisasi dampak yang ditimbulkan," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner