Habar Pemilu 2024

Deklarasi Damai Jelang Pemilu di HSS, Komitmen Kawal Demokrasi

Sejumlah Parpol melaksanakan deklarasi Pemilu damai bersama KPU, Bawaslu, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat di halaman Mapolres HSS.

bakabar.com, KANDANGAN - Sejumlah partai politik (Parpol) melaksanakan deklarasi damai bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat di Halaman Mapolres Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (06/11).

Deklarasi ini diselenggarakan Polres HSS menyambut gelaran pesta demokrasi damai menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024.

Parpol yang ikut deklarasi di antaranya Partai Demokrat, PDI-P, PPP, PBB, PKB, Golkar, Buruh, Gelora, PKS, Nasdem, Gerindra, Garuda, PAN, serta Ummat.

Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu menjelaskan, deklarasi Pemilu damai merupakan sebuah komitmen seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi.

"Tentunya harus dilandasi dengan niat yang sungguh-sungguh dan dilaksanakan dengan ikhlas oleh semuanya," kata Kapolres HSS.

Adanya deklarasi ini juga sebagai bukti komitmen hadirnya negara Republik Indonesia dalam menjamin keamanan Pemilu 2024 khususnya di Bumi Antaludin sebutan Kabupaten HSS.

Untuk meminimalisir pelanggaran-pelanggaran pada setiap tahapan, jika terjadi sengketa para peserta dan penyelenggara Pemilu dapat duduk bersama untuk menyelesaikan permasalahan dengan tetap berlandaskan peraturan perundang-undangan.

"Harapan kami supaya tidak terjadi aksi-aksi anarkis yang dapat merugikan masyarakat bangsa dan negara," ucap AKBP Leo Martin Pasaribu.

Deklarasi Pemilu damai ditandai dengan ikrar dilanjutkan penandatanganan spanduk diawali Forkopimda HSS sebagai dukungan terlaksananya pemilu damai diikuti oleh penyelenggara pemilu dan perwakilan parpol peserta Pemilu 2024.

Selain deklarasi Pemilu damai, Polres HSS juga melaksanakan bakti kesehatan Polri serta beras murah bersubsidi dari dana Corporate Social Responsibility atau CSR dari para pengusaha di HSS.

"Sebagai pengingat kita, pada seluruh peserta Pemilu bahwa kita selalu harus kembali mindset awal untuk mensejahterakan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati HSS Hermansyah mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan deklarasi Pemilu damai sebagai upaya menciptakan situasi aman, tertib, dan lancar.

"Kita buat bagaimana agar Pemilu di sini ini bisa berlangsung dengan suasana gembira agar masyarakat ini benar-benar menikmati pesta demokrasi," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner