Regional

Dari Sekian Usulan, Hanya 2 Megaproyek Kalsel Lolos Program Strategis Nasional

Dari sekian banyak yang diusulkan, ternyata hanya dua megaproyek di Kalimantan Selatan (Kalsel) masuk Program Strategis Nasional (PSN).

Featured-Image
Proyek lanjutan bendungan Tapin masuk dalam daftar Program Strategis Nasional. Foto-apahabar.com/dok

bakabar.com, BANJARBARU - Dari sekian banyak yang diusulkan, ternyata hanya dua megaproyek di Kalimantan Selatan (Kalsel) masuk Program Strategis Nasional (PSN). Masing-masing kelanjutan pembangunan bendungan Tapin dan kawasan industri Jorong, Tanah Laut.

Keduanya termasuk PSN setelah pemerintah mengeluarkan regulasi terbaru terkait penetapan Program Strategis Nasional, berupa Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar PSN.

Baca Juga: POPULER SEPEKAN: Minus Megaproyek Kalsel, Nelayan Kotabaru sampai Training Center IKN

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, program/proyek yang dimasukkan dalam daftar PSN adalah program/proyek yang bisa diselesaikan paling lambat Semester I tahun 2024.

Sejatinya kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Ariadi Noor, pemerintah provinsi telah mengusulkan sejumlah megaproyek di Kalsel agar masuk PSN.

"Umumnya infrastruktur dasar penunjang perekonomian. Seperti bendungan Riam Kiwa, Waduk Kusan, rel kereta api dan jalan bypass," ujar Ariadi, Jumat (24/2).

Namun kata Ariadi, kemungkinan besar bendungan Riam Kiwa tidak termasuk dalam daftar PSN. Menurutnya, presiden sangat selektif. "Proyek yang dapat rampung di 2024 juga menjadi pertimbangan," katanya.

Baca selanjutnya...

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner