Geosite Geopark Meratus

Dari Pulau Sewangi, Pemprov Kalsel Terus Kembangkan Geosite Geopark Meratus

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Syarifuddin mengatakan bakal terus mengembangkan mendorong Geosite Geopark Meratus.

Featured-Image
Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan Muhammad Syarifuddin. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN - Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Syarifuddin, mengatakan bakal terus mengembangkan Geosite Geopark Meratus.

Dalam perancanaan 2023, dari 74 geosite yang terhampar sepanjang Pegunungan Meratus, Pemprov Kalsel bakal memusatkan pelatihan ke 50 geosite melalu kelompok-kelompok sadar wisata yang sudah terbentuk.

“Pengembangan ini adalah rekomendasi dari Sekretaris Jendral UNESCO Global Geopark, Guy Martini. Mereka sudah petakan dan ada 50 site yang dikembangkan,” kata Syarifuddin usai membuka Soslialisasi Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Wisata di sekitar Geosite di Pulau Sewangi, Barito Kuala, Rabu (8/2).

Tak hanya pembangunan infrastruktur yang dilakukan di 50 geosite tersebut, kata dia, pihaknya sudah memulai pelatihan terkait kepariwisataan untuk masyarakat di sekitar ekosistem Geopark Meratus

Salah satu daerah yang menyimpan potensi wisata ialah Pulau Sewangi.

Pulau yang berada kawasan Sungai Barito itu menjadi lokasi pembuatan kapal kayu terbanyak dan menjadi lokasi wisata.

Hal itu diharapkan dapat menjadi lokasi wisata masyarakat saat menyusuri Pasar Terapung dan Sungai Barito.

Editor
Komentar
Banner
Banner