Pemprov Kalsel

Pendulangan Intan Cempaka Didaftarkan Sebagai Geosite, Dispar Kalsel Bina Pokdarwis Banjarbaru

apahabar.com, BANJARBARU – Lokasi pendulangan intan di Desa Pumpung, Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), akan…

Featured-Image
Dinas Pariwisata gelar Pelatihan Pendampingan dan Pembinaan Pokdarwis Banjarbaru, di Roditha Banjarbaru, Kamis (16/6). foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, BANJARBARU – Lokasi pendulangan intan di Desa Pumpung, Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), akan didaftarkan sebagai salah satu geosite (situs geologi) ke Unesco.

Untuk itu, Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel mendorong Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Banjarbaru untuk meningkatkan kapasitas mereka dengan digelarnya pelatihan dan pendampingan.

“Banjarbaru ini kota kreatif. Pokdarwis adalah ujung tombak di sektor pariwisata, makanya dengan pembinaan ini bagaimana mereka mempromosikan pariwisata juga menyadarkan masyarakat di sekitar pariwisata,” ujar Kadis Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin di sela pelatihan di Hotel Roditha Banjarbaru, Jumat (17/6).

Syarifuddin melanjutkan, Dinas Pariwisata sudah melakukan berbagai persiapan pendaftaran geosite ke Unesco, seperti pembenahan dan akan dibangunkan sentra informasi bagi pengunjung.

Yang paling penting kata Syarifuddin, bagaimana mengondisikan objek wisata agar aman sehingga memberikan rasa aman dan nyaman ketika datang.

“Sebaliknya kalau pengunjung merasa tidak aman ketika datang, mereka pasti akan jera untuk kembali,” tuturnya.

Ada tiga target yang ingin dicapai usai pelatihan ini. Syarifuddin merincikan, para Pokdarwis terampil di bidang pengelolaan wisata berbasis masyarakat.

Kemudian menyusun program-program pemanduan wisata sederhana sesuai dinamika dan kekhasan alam, meningkatkan arus kunjungan serta lama tinggal wisatawan di Kalsel.

“Terakhir, dapat menumbuhkan perilaku positif insan pariwisata termasuk pelaku usaha dan pengurus pokdarwis dengan perwujudan nilai-nilai sapta pesona yang bermanfaat bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Pada pelatihan tersebut, diikuti ratusan peserta dari Pokdarwis Banjarbaru. Pembukaan dimeriahkan dengan penampilan Madihin oleh Gazali Rumi dkk.

Menghadirkan pemateri seperti Mutia Amana Nastiti selaku Ketua DPD ASPPI Kalsel, M Khalifaturridha pelaku ekonomi kreatif bidang video dan fotografi, Nurul Fajar Desira sebagai Ketua BP Geopark Meratus, dan Kadis Pariwisata Kalsel sendiri.

Komentar
Banner
Banner