Info Kesehatan

Dari Kasus Aniaya David, Ini Pentingnya Leher bagi Tubuh Manusia

Kondisi David usai mengalami penganiayaan terbilang cukup gawat, di mana memerlukan penangan medis secara intensif. Hal itu berkaitan dengan cedera tulang leher

Featured-Image
Video Mario Dandy aniaya David viral. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA - Belakangan, beredar luas video yang menampilkan anak pejabat Ditjen Pajak, Mario Dandy Satriyo, menganiaya putra petinggi GP Ansor, David. Tindakan itu terjadi di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (20/2) sekitar pukul 20.30 WIB.

Dalam video tersebut, Dandy menganiaya David dengan cara menendang kepalanya berulang kali. Pukulan itu dilancarkan saat korban sedang melakukan push up, sebagaimana yang juga diperintahkan Dandy sebelumnya.

Penganiayaan yang demikian, ternyata, bermula dari laporan yang mengatakan kekasih Dandy, Agnes, mendapat perlakukan tidak baik dari David. Setelah mengonfirmasi kebenaran kabar itu, Dandy terprovokasi untuk menggebuki David.

Akibat kejadian tersebut, David dikabarkan koma selama empat hari. Dirinya bahkan sempat mengalami kejang-kejang, juga tak merespons suara ataupun gerak. Namun, kini kondisinya berangsur membaik.

Kondisi David selepas mengalami penganiayaan terbilang cukup gawat, di mana memerlukan penangan medis secara intensif. Hal itu berkaitan dengan cedera tulang leher, bagian tubuh yang sejatinya memiliki peranan penting bagi tubuh manusia.

Fungsi Krusial Tulang Leher

Fungsi utama tulang leher ialah menyokong leher dan kepala. Bentuk khusus tulang vertebra pertama dan kedua juga memungkinkan terjadinya rotasi pada tulang belakang leher bagian atas, sehingga manusia bebas menggerakkan kepala ke berbagai arah.

Tulang leher manusia juga berfungsi memberikan mobilitas sekaligus stabilitas pada kepala. Gerakan menganggukkan kepala serta memutar kepala ke kiri dan kanan akan dipengaruhi tulang ini.

Selain berhubungan dengan kepala, tulang leher juga punya fungsi sebagai pelindung sumsum tulang belakang. Tujuh ruas tulangnya membentuk terowongan tulang, di mana akan dilalui oleh sumsum tulang belakang. 

Tak cuma melindungi sumsum tulang belakang, leher juga berfungsi melindungi pembuluh darah yang memberikan sirkulasi ke otak.

“Bagian leher dan kepala memiliki banyak pembuluh darah dan sel-sel saraf. Setiap sisi vertebra memiliki lubang berukuran kecil yang berfungsi sebagai jalan dari arteri basilar vertebra, pembuluh darah vital yang menuju otak,” ujar Dokter Dyah Novita, dikutip dari klikdokter.com, Minggu (26/2).

Tulang leher juga berfungsi sebagai titik perlekatan untuk sejumlah otot di bahu dan badan. Sebab itu, manakala terjadi cedera pada tulang leher, sudah sepatutnya segera menerima penanganan medis.

Editor


Komentar
Banner
Banner