Nasional

Dampak Konflik Rusia vs Ukraina, Wamenkeu: Sektor Keuangan Internasional Tertekan

Apahabar.com, JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan konflik antara Rusia dengan Ukraina menyebabkan terjadinya…

Featured-Image
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara – Apahabar.com

Apahabar.com, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan konflik antara Rusia dengan Ukraina menyebabkan terjadinya tekanan pada sektor keuangan internasional. Hal tersebut sudah mulai dirasakan sejak setahun terakhir.

"Karena menuju kondisi recovery kita memahami akan ada supply distruption, supply distruption, sehingga akan meningkatkan harga. Namun tensi geo politik meningkatkan harga menjadi lebih cepat," ujarnya dalam INDEF G20 Event: Advancing Debt and Economic Justice Through G20 Dialogue, yang dilaksanakan di Bali secara hybird, Kamis (14/7/2022).

Suahasil menambahkan peningkatan harga yang terjadi saat ini berlangsung secara fluktuatif secara cepat. Salah satunya, dia mencontohkan harga minyak bumi dan CPO di tingkat global juga turut mengalami fluktuatif secara cepat.

Karena itu, kata Suahasil, Indonesia memiliki desain kebijakan yang ingin memastikan stabilitas harga di masyarakat dengan tetap mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut, ia tindaklanjuti dengan mengomunikasikan laporan semester APBN yang menguraikan peningkatan subsidi dan kompensasi harga energi.

"Produk energi kita terutama yang menjadi bagian dari administered price kita pastikan supaya tidak terjadi peningkatan harga yang terlalu besar namun bisa mendorong kegiatan ekonomi lebih lanjut. (Thomas)



Komentar
Banner
Banner