piala dunia

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Dunia!

Sejak digelar pada tahun 1930, Piala Dunia berhasil menarik mata masyarakat. Tak hanya bersaing sebagai negara nomor satu di dunia, namun para pemain juga salin

Featured-Image
Miroslav Klose. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Sejak digelar pada tahun 1930, Piala Dunia berhasil menarik mata masyarakat. Tak hanya bersaing sebagai negara nomor satu di dunia, namun para pemain juga saling sikut dalam memperebutkan gelar pencetak gol terbanyak atau top scorer.

Lantas siapa pemain yang menyandang gelar top scorer selama Piala Dunia berlangsung?

Berikut daftar pencetak gol terbanyak selama Piala Dunia :

1. Miroslav Klose (Jerman)

Miroslav Klose berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Dunia digelar. Sejak tampil di Piala Dunia tahun 2002 sampai 2014, Klose telah tampil bersama Der Panzer sebanyak 24 kali dan berhasil mencetak 16 gol.

Di tahun 2014 Klose memutuskan pensiun usai membawa Jerman meraih Piala Dunia untuk keempat kalinya. Pada edisi Piala Dunia tersebut, Klose berhasil memasukan 2 gol ke gawang lawan.

2. Ronaldo (Brazil)

Ronaldo Luis Nazario de Lima atau sering dikenal Ronaldo berhasil masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Dunia digelar. Tampil di Piala Dunia sejak edisi tahun 1994 hingga 2006, Ronaldo telah mengoleksi 15 gol dari 19 penampilan.

Tak hanya masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak, Ronaldo juga berhasil mencatatkan sejarah sebagai pemain paling muda yang tampil di Piala Dunia 1994. Ia juga berhasil membawa Brazil meraih trofi Piala Dunia sebanyak 2 kali, yakni di edisi 1994 dan 2002.

3. Gerd Muller (Jerman)

Di urutan ketiga dihuni oleh striker fenomenal asal Jerman, Gerd Muller. Muller berhasil masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang gelaran Piala Dunia.

Gerd Muller sudah tampil sebanyak dua kali di Piala Dunia bersama Jerman, yakni edisi 1970 dan 1974. Tampil sebanyak 13 kali, Muller berhasil mencetak 14 gol ke gawang lawan.

Pada Piala Dunia edisi 1974, Muller berhasil membawa Jerman Barat meraih trofi Piala Dunia. Namun sayang, usai membawa Der Panzer juara ia memilih mundur dari Timnas karena ada selisih dengan DFB (Asosiasi Sepak Bola Jerman).

4. Just Fontaine (Prancis)

Just Louis Fontaine adalah pemain berkebangsaan Prancis yang juga masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Dunia digelar. Fontaine tampil untuk pertama dan terakhir kalinya di Piala Dunia pada edisi 1958.

Walau cuma sekali tampil di Piala Dunia, Fontaine berhasil membuat pecinta sepakbola heboh. Hanya bermain sebanyak 6 kali bersama Prancis, Fontaine berhasil mencetak 13 gol ke gawang lawan.

Sayangnya, walau sudah mencetak 13 gol dalam satu kali edisi Piala Dunia, Fontaine gagal membawa Timnas Prancis juara dunia. Prancis harus bertekuk lutut dihajar Brazil dengan skor 5-2 di partai semi-final. Sementara Brazil berhasil meraih gelar Piala Dunia pada edisi tersebut.

5. Pele (Brazil)

Pele juga masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Dunia. Pesepakbola asal Brazil ini berhasil mencetak 12 gol dari 14 pertandingan yang ia mainkan selama empat kali edisi Piala Dunia, yakni 1958, 1962, 1966, dan 1970.

Tak hanya menjadi pemain dengan pencetak gol terbanyak, Pele juga berhasil meraih tiga kali trofi Piala Dunia pada edisi 1958, 1962, dan 1970. Menariknya, di edisi Piala Dunia 1958 Pele tercatat sebagai pesepakbola termuda yang mencetak gol di partai final, saat itu usianya masih 17 tahun 249 hari.

Di urutan selanjutnya, daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia harus saling berbagi dengan para pemain lain. Berikut rinciannya:

6.Sandor Kocsis (Hungaria) dan Jurgen Klinsmann (Jerman Barat) masing-masing mencetak 11 gol.

7. Helmut Rahn (Jerman Barat), Gabriel Batistuta (Argentina), Gary Lineker (Inggris), Teofilo Cubillas (Peru), Thomas Muller (Jerman), Grzegorz Lato (Polandia) masing-masing mencetak 10 gol.

Apakah ada pemain favorit kamu dalam daftar pencetak gol terbanyak selama Piala Dunia?

Editor


Komentar
Banner
Banner