Piala Asia 2023

Daftar Pemain Liga Inggris Bakal Tampil di Piala Asia 2023

Piala Asia 2023 akan dilaksanakan dari 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Turnamen ini berbarengan dengan agenda Piala Afrika dan Liga Inggris.

Featured-Image
Selebrasi Son Heung Min usai memenangkan pertandingan bersama Tottenham Hotspur. Foto: hm_son7.

bakabar.com, JAKARTA - Piala Asia 2023 akan dilaksanakan dari 12 Januari sampai 10 Februari 2024. 

Turnamen itu ternyata berdampak terhadap klub liga Inggris. Sebab ada beberapa pemain Asia yang merumput di Inggris bakal memperkuat negaranya di turnamen terbesar di Asia tersebut. 

Selama Event itu berlangsung Liga Inggris dipastikan bakal kehilangan bintang Asia yang kini sedang bersinar.

Baca Juga: Alasan STY Enggan Panggil 2 Penggawa Andalan Borneo FC di Piala Asia

Kurang lebih sekitar lima pemain yang akan meninggalkan benua biru dan absen membela timnya.

Berikut pemain Asia yang meninggalkan Liga Inggris untuk mengikuti Piala Asia 2023:

1. Son Heung Min

Son Heung Min
Son Heung Min saat membela timnas Korea Selatan. Foto: Instagram/ hm_son7.

Kapten Tottenham Hotspur itu harus absen beberapa pertandingan di awal tahun 2024. Sebab ia harus membela negara asalnya Korea Selatan yang juga ikut berkompetisi di Piala Asia.

Sejatinya, Son dalam performa yang sangat apik dalam memperkuat The Lilywhites. Ia telah mencetak 10 gol dan 4 assist dari 17 pertandingan di Liga Inggris.

Torehan itu merupakan hasil yang sangat baik untuk seorang penyerang. Maka dari itu, Spurs akan kehilangan mesin gol nya beberapa laga di awal tahun nanti.

2. Takehiro Tomiyasu

Takehiro Tomiyasu saat membela timnas Jepang. Foto: Instagram/tomiyasu.t.
Takehiro Tomiyasu saat membela timnas Jepang. Foto: Instagram/tomiyasu.t.

Masih di kota London, kali ini Arsenal kemungkinan bisa kehilangan bek kanan, Takehiro Tomiyasu. Sebab ia bisa saja membela timnas Jepang di Piala Asia 2023.

Meski bukan pilihan utama Mikel Arteta, namun absennya Tomiyasu bisa menjadi kehilangan besar karena akan menjalani pertandingan yang padat di awal tahun.

Namun, kehadirannya bersama Jepang masih belum pasti. Pasalnya, pemain berusia 25 tahun itu tengah mengalami cedera. Tapi diharapkan bisa segera pulih sebelum Piala Asia 2023 berlangsung. 

3. Kaoru Mitoma

Kaoro Mitoma saat pertama kali diperkenalkn Brighton. Foto: Instagram/kaoru.m.0520.
Kaoro Mitoma saat pertama kali diperkenalkn Brighton. Foto: Instagram/kaoru.m.0520.

Kaoru Mitoma juga akan dibawa Jepang ke Qatar. Apalagi penampilannya bersama Brighton terbilang cukup memukau.

Sejak bergabung dengan The Seagulls ia tampil semakin baik, bahkan menjadi salah satu predator Brighton. Saat ini Mitoma tercatat telah mencetak 3 gol dan 6 assist diseluruh kompetisi musim ini.

Meski begitu, pelatih Brighton Roberto De Zerbi masih bisa memainkan Ansu Fati untuk menggantikan Mitoma. Ansu juga merupakan pemain muda yang memiliki kualitas luar biasa.

4. Wataru Endo

Wataru Endo saat membela Liverpool di Premier Legue. Foto: Instagram/endowataru.
Wataru Endo saat membela Liverpool di Premier Legue. Foto: Instagram/endowataru.

Masih pesepakbola asal Jepang, kali ini Wataru Endo juga akan absen membela Liverpool selama memperkuat tim samurai biru di Piala Asia 2023.

Kedatangannya ke Anfield seolah tidak diharapkan oleh pendukung The Red. Namun, kini ia perlahan bisa menunjukkan kualitasnya dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Bahkan, Endo sudah mulai masuk kedalam lapis ke 2 Jurgen Klopp dan menjadi pemain rotasi yang menjanjikan. Tetapi, ia akan meninggalkan klubnya dan absen dalam beberapa pertandingan Liverpool untuk membela timnas Jepang.

5. Hwang Hee-chan

Pemain asal Korea Selatan, Hwang Hee-chan saat bermain bersama Wolverhamton Wanderers. Foto: whufc.com
Pemain asal Korea Selatan, Hwang Hee-chan saat bermain bersama Wolverhamton Wanderers. Foto: whufc.com

Hwang Hee-chan dipastikan absen bersama Wolverhamton Wanderers di awal tahun 2024. Sebab ia bakal memperkuat negaranya Korea Selatan di Piala Asia 2023.

Pemain berusia 27 tahun itu merupakan salah satu andalan klub berjuluk Wolves. Buktinya, ia sudah mencatatkan 8 gol dan 2 assist dari 16 pertandingan di Liga Inggris.

Dengan kehilangan Hee-chan dipastikan membuat pelatih Wolves Gary O'Neil harus mempersiapkan alternatif di lini serangan timnya. 

6. Samman Ghoddos

Samman Ghoddos saat memperkuat Brentford. Foto: Instagram/samman.ghoddos.
Samman Ghoddos saat memperkuat Brentford. Foto: Instagram/samman.ghoddos.

Kali ini pemain Brentford, Samman Ghoddos akan absen membela The Bees dalam beberapa pertandingan di awal musim. Sebab ia harus membela timnas Iran yang merupakan negara asalnya di Piala Asia 2023.

Samman memang bukan pemain utama dan ia main dari bangku cadangan. Namun, pada pertandingan menghadapi Burnley, Oktober lalu, ia sukses mencetak gol.

Baca Juga: Shin Tae-yong Optimis Timnas Indonesia Capai Target di Piala Asia

Jika diperhatikan, pemain liga Inggris yang akan tampil di Piala Asia 2023 berasal dari Jepang.

Itu artinya tiga pemain seperti Wataru Endo, Kaoro Mitoma dan Takehiro Tomiyasu bisa melawan timnas Indonesia di babak penyisihan grup. Sebab mereka berada dalam grup D yang berisikan Jepang, Irak dan Vietnam.

Editor
Komentar
Banner
Banner