Komparasi Chipset

Chipset Exynos Vs Snapdragon pada Ponsel Samsung, Siapa yang Terbaik?

Saat membeli sebuah smartphone, salah satu yang menjadi pertimbangan adalah chipset, atau yang biasa disebut dengan 'otak' dari suatu ponsel pintar.

Featured-Image
Pilihan ponsel Samsung yang cocok untuk bermain gim. Foto: dok. Samsung

bakabar.com, JAKARTA - Saat membeli sebuah smartphone, salah satu yang menjadi pertimbangan adalah chipset, atau yang biasa disebut dengan 'otak' dari suatu ponsel pintar.

Dalam dunia smartphone, setidaknya terdapat dua raksasa perusahaan chipset yang terkenal, yaitu Snapdragon buatan Qualcomm dan MediaTek.

Selain dua nama di atas, Samsung sebagai salah satu produsen raksasa smartphone juga mengembangkan chipset mereka sendiri, yakni Exynos.

Samsung pun menggunakan chipset Exynos dan Snapdragon untuk smartphone flagship terbaru mereka. Lantas apa saja perbedaan kedua chipset tersebut.

Baca Juga: POCO F5 Series Lakukan Debut Global, Benamkan Chipset Snapdragon Anyar

Performa

Kedua chipset tersebut memiliki perbedaan dari segi performa. Snapdragon dinilai memiliki performa yang lebih unggul dari Exynos.

Chipset Exynos memiliki kelebihan dalam penggunaan single-core, karena dapat beroperasi lebih baik dan mampu menghemat penggunaan RAM. Sedangkan Snapdragon dinilai lebih baik dalam muti-core.

Efesiensi Daya Baterai

Perbedaan kedua chipset itu terletak pada efisiensi daya baterainya. Dalam hal ini, Exynos lebih unggul dibanding dengan Snapdragon. 

Seperti yang diketahui, Snapdragon memang didesain untuk melakukan performa yang maksimal. Sementara Exynos dibuat dengan optimalisasi baterai.

Baca Juga: MediaTek Rilis Dimensity 9200+, Bakal Salip Snapdragon 8 Gen 2?

Kedua itu yang setidaknya bisa menjadi pertimbangan bagi pengguna smartphone Samsung dalam menentukan pilihannya.

Snapdragon memang memiliki keunggulan dalam performa, tetapi imbasnya mendapat penggunaan daya baterai yang lebih boros daripada Exynos.

Pengolahan Grafis (GPU)

Pengolahan grafis atau Graphics Processing Unit (GPU) adalah komponen penting yang digunakan oleh smartphone untuk membuat tampilan grafis terlihat jernih. Dari sisi GPU keduanya pun memiliki perbedaan.

Diketahui, chipset Snapdragon memiliki performa pemrosesan gambar yang lebih stabil daripada Exynos, karena menggunakan GPU Adreno. Sementara itu, Exynos menggunakan GPU Mali.

Baca Juga: Chipset Snapdragon Generasi 3 Siap Meluncur, Apa Saja Kelebihannya?

Pengguna Chipset dan Segmentasinya

Berbeda dengan Snapdragon yang bisa digunakan di smartphone lainnya, Exynos hanya diperuntukkan bagi smartphone Samsung.

Misalnya saja, Samsung Galaxy S21 untuk pasar Amerika Serikat dan Cina menggunakan chipset Snapdragon.

Lalu, untuk pasar Asia dan Eropa, Samsung memberikan Samsung Galaxy S21 dengan chipset Exynos.

Harga

Perbedaan kedua chipset ini juga berpengaruh dengan harga dari smartphone keluaran Samsung. Smartphone Samsung dengan chipset Snapdragon biasa cenderung lebih mahal daripada hp dengan chipset Exynos.

Baca Juga: Poco F5 Series Bakal Benamkan RAM 12 GB dan Chipset Snapdragon Baru

Daftar smartphone Samsung terbaru yang menggunakan chipset Exynos:
- Samsung S22 Ultra (Exynos 2200)
- Samsung S22+ (Exynos 2200)
- Samsung S22 (Exynos 2200)
- Samsung A13 (Exynos 850)
- Samsung A53 (Exynos 1280)

Daftar smartphone Samsung terbaru yang menggunakan chipset Snapdragon:
- Samsung Z Flip4
- Samsung Z Fold4
- Samsung A73 (Snapdragon 778G)
- Samsung A52s (Snapdragon 778G)
- Samsung M23 (Snapdragon 750G)

Editor
Komentar
Banner
Banner