Tak Berkategori

Cerita Ustaz Hamdani Asal HST Sebelum Jadi Penceramah Kondang

apahabar.com, BARABAI – Ustaz Hamdani bin Akbar. Masyarakat di Hulu Sungai Tengah (HST) mengenalnya sebagai penceramah…

Featured-Image
Ustaz Hamdani. Foto-istimewa

bakabar.com, BARABAI – Ustaz Hamdani bin Akbar. Masyarakat di Hulu Sungai Tengah (HST) mengenalnya sebagai penceramah lucu. Bahkan di luar kota, provinsi dan pulau pun mengetahui seperti apa karakternya.

Namun, hanya segelintir masyarakat yang mengetahui bagaimana kehidupan Hamdani sebelum dikenal sebagai “Tukang Kisah” yang unik menghibur pendengarnya.

Salah satu warga, Zainal yang seumuran dengan Hamdani, menceritakan Hamdani dulunya tinggal di Desa Bakapas.

Jauh sebelum membina rumah tangga, Hamdani semasa mudanya ternyata seorang pawayangan di desanya.

img

Salah satu pelayat di Kediaman Hamdan bin Akbar, Desa Ayuang, RT 3, RW 2, Kecamatan Barabai, Kabupaten HST. Foto-bakabar.com/Ahc11.

“Mendiang Hamdan ini punya grup wayang orang. Sering sekali tampil dulu di Barabai,” cerita Zainal.

Hingga membangun biduk rumah tangga, ia tinggal di Desa Ayuang. Mempunyai anak satu, Rusdi namanya. Di situlah akhir karirnya sebagai pewayangan.

Sewaktu itu anaknya, Rusdi baru bisa duduk sekiranya umur kurang dari 1 tahun, Hamdani memutuskan jadi “Tukang Kisah’.

“Waktu itu kawan-kawan Hamdan ada banyak yang ‘madam’ ke Banua orang. Tinggalah Hamdan seorang. Kini ia dikenal sebagai tukang kisah,” terang Zainal.

Diberitakan sebelumnya, kabar duka datang dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah(HST). Hamdani bin Akbar, penceramah kondang (Tukang Kisah) meninggal dunia, Rabu (08/05/2019), tepatnya pukul 18.00 di RSUD H Damanhuri, Barabai.

Hamdani mulanya mengeluhkan sesak nafas kemudian oleh keluarganya dibawa ke rumah sakit, Senin (06/05/2019).

Hari ke dua Hamdani di rumah sakit, tersiar di beberapa grup Whatsapp bahwa Hamdani memerlukan 8 kantong darah golongan O.

Rupanya Hamdani akan dioperasi di hari ketiganya. Tak sempat diopersai, Hamdani menghembuskan nafas terakhirnya. Hamdan mengidap penyakit jantung dan perut.

“Dinyatakan meninggal dunia pada Rabu, pukul 18.30 selapas berbuka puasa umat muslim,” kata Halisah, istri mendiang Hamdani kepada bakabar.com, Rabu (08/05/2019) malam.

Hari ini tadi, Hamdani bin Akbar disalatkan dan dikebumikan di dekat kediamannya di Desa Ayuang, RT 3, RW 2, Kecamatan Barabai, Kabupaten HST.

Baca Juga:Ustaz Hamdani Akbar, Penceramah Kondang HST Tutup Usia

Baca Juga:Paman Birin Hadiahi Masjid Jami Karpet Berharga Fantastis

Reporter: Ahc 11Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner