LIFESTYLE

[CEK FAKTA] Ida Dayak Sembuhkan Mata Putri Ariani

Belakangan, Ida Dayak bahkan disebut-sebut berhasil menyembuhkan mata Putri Ariani.

Featured-Image
Video yang mengeklaim Ida Dayak menyembuhkan mata Putri Ariani (Foto: Facebook/ARM MUSIC)

bakabar.com, JAKARTA – Ida Dayak memang terkenal sebagai sosok yang bisa memberi pengobatan alternatif. Belakangan, dirinya bahkan disebut-sebut berhasil menyembuhkan mata Putri Ariani.

Kabar yang demikian sebagaimana disampaikan akun Facebook ARM MUSIC. Pada Senin (19/6) lalu, akun tersebut mengunggah video bertajuk PENUH TANGIS!! Detik - Detik Putri Ariani Kesakitan Saat Ibu Ida Dayak Berhasil Mengobati Matanya.

Hingga tulisan ini dibuat, video berdurasi 5 menit 2 detik itu telah ditonton sebanyak 426 ribu kali, serta mendapat 9.600 suka dan 1.100 komentar. Lantas, apakah kabar tersebut benar adanya?

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, video itu sama sekali tak memuat informasi valid soal penyembuhan mata Putri Ariani oleh Ida Dayak. Konten tersebut hanya menampilkan kumpulan foto keduanya, sesekali menyisipkan gambar Presiden Joko Widodo.

Padahal, Ida Dayak sendiri memiliki dua kanal YouTube bernama Arjuna Ganteng dan Petualangan Ibu Dayak. Dia, lazimnya membagikan aktivitas pengobatan alternatifnya melalui akun tersebut.

Namun, setelah melihat kedua kanal YouTube itu, Ida Dayak tidak pernah membagikan aktivitasnya menyembuhkan mata Putri Ariani. Jangankan mengobati, bertemu dengan peraih Golden Buzzer di ajang America’s Got Talent 2023 itu pun tak terdokumentasi.

Sebagai informasi, Putri sendiri mengalami kebutaan akibat retinopathy of prematurity. Ini adalah cacat mata bawaan karena dirinya lahir prematur, yaitu pada usia kehamilan enam bulan.

Melansir Alodokter, retinopathy of prematurity terjadi karena pertumbuhan pembuluh darah pada saraf retina berhenti. Kondisi ini memungkinkan pulih dengan sendirinya, namun ada juga yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan Ida Dayak menyembuhkan mata Putri Ariani adalah hoaks. Tidak ada bukti valid yang mendukung kebenaran informasi tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner