Cek Fakta

Cek Fakta: Colokan Charger yang Tak Dicabut Bikin Tagihan Listrik Mahal

Pengguna ponsel atau laptop seringkali 'lupa' ataupun malas untuk mencabut charger setelah digunakan.

Featured-Image
Ilustrasi charger laptop dan ponsel. (Foto: apahabar.com/Regent)

bakabar.com, JAKARTA - Pengguna ponsel atau laptop seringkali 'lupa' ataupun malas untuk mencabut charger setelah digunakan.

Selama ini, banyak mitos yang menyebutkan jika charger yang tidak dilepas akan menyedot banyak listrik di rumah. Benarkah faktanya demikian?

Tim dari situs howtogeek.com mencoba memecahkan mitos ini.

Mereka menggunakan alat bernama 'Kill a Watt' untuk menghitung dengan tepat seberapa besar energi, hingga biaya yang dibebankan oleh perusahaan listrik kepada penggunanya.

Baca Juga: Daftar Harga Ponsel Samsung Juni 2023, Seri M hingga Galaxy S Series

Hal itu seandainya pengguna tidak rajin mencabut charger setelah menggunakannya.

Dari hasilnya, mereka menemukan fakta bahwa konsumsi charger smartphone dalam kondisi standby hanya memakan 0,05 hingga 0,1 W.

Sedangkan, untuk laptop juga mereka menemukan fakta bahwa laptop hanya 'sedikit' lebih boros dari charger smartphone yang dibiarkan tetap menyolok.

Alih-alih fokus dengan charger ponsel dan laptop, situs tersebut menyarankan agar memperhatikan TV atau perabotan lainnya untuk menghemat biaya listrik yang harus dibayar.

Baca Juga: Pasar Ponsel di Indonesia Masih Anjlok pada Kuartal Pertama 2023

Lalu, berapa biaya dari charger yang dibiarkan menempel tanpa dilepas dari lubangnya? Anggap saja kita memiliki dua ponsel dalam satu rumah, lalu angka 0,1 W itu terpasang selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu atau bahkan 1 tahun penuh.

Satu hari terdapat 24 jam, jadi jika dikali dengan 365 hari, maka hasilnya adalah 8.760 jam. 0,1 wat dikali dengan 8.760 yang berarti 876 watt hour.

Lalu angka tersebut dikalikan dua karena memiliki dua buah ponsel, menjadi 1.752.

Dengan demikian, 1.752 watt hour itu hanyalah sebesar 1,752 kWh.

Baca Juga: Kabar Baik! Pengguna iPhone Bisa Buka WhatsApp di 4 Ponsel Sekaligus

Jika menilik dari tarif PLN terbaru (Juni 2023), mereka menerapkan Rp1.352 per kWh. Sehingga hanya memakan biaya sebesar Rp2.368 (Rp2 ribu saja).

Bisa ditarik kesimpulan, fakta sebenarnya kita hanya perlu membayar sekitar Rp2 ribu jika ingin membiarkan 2 charger smartphone tetap tercolok selama satu tahun.

Jika kamu memang ingin berhemat dalam membayar tagihan listrik, ada baiknya kamu mencabut perabotan dengan daya besar jika tidak menggunakannya, seperti AC dan juga kulkas.

Editor
Komentar
Banner
Banner