Arus Balik 2023

Catat, Daftar Ruas Tol yang Dapat Diskon 20 Persen saat Arus Balik

Pemerintah melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023 untuk memecah kepadatan arus balik ke Jakarta.

Featured-Image
Situasi terkini di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, dalam rangka arus mudik gelombang pertama pada Rabu (19/4/2023). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

bakabar.com, JAKARTA - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023.

Diskon tarif tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol pada saat puncak arus balik Lebaran 2023 tanggal 24 -25 April.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan diskon tarif tol ini bertujuan memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol pada saat arus balik.

"Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," ujar Triono, Minggu (23/4).

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Pelabuhan Merak Alami Lonjakan Penumpang

Sebelumnya ada enam ruas jalan tol yang memberlakukannya yakni tiga ruas di Pulau Jawa (jalan tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak dan Cibitung-Cilincing) dan tiga ruas di Pulau Sumatera (jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung).

Saat ini bertambah enam ruas jalan tol Trans Jawa, sehingga total terdapat 12 ruas jalan tol yang memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023.

Penerapan diskon tarif tol terjauh sebesar 20% diberlakukan pada tanggal 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB pada enam ruas jalan tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta, yakni:

Baca Juga: Kakorlantas: Waspadai Titik Macet Saat Puncak Arus Balik

1. Jalan tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang

2. Jalan tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT Pemalang Batang Toll Road

3. Jalan tol Pejagan-Pemalang, yang dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road

4. Jalan tol Kanci-Pejagan, yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya

5. Jalan tol Palimanan-Kanci, yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk

6. Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan, yang dikelola oleh PT Lintas Marga Sedaya.

Diskon tarif tol juga diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20% untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek 27-29 April 2023 pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama.

Baca Juga: Jasa Marga Imbau Masyarakat Hindari Puncak Arus Balik Mudik Lebaran

PT Hutama Karya (Persero) Tbk pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, juga memberikan diskon tarif tol sebesar 20% pada 27-29 April 2023.

Hal ini berlaku untuk semua golongan kendaraan pada tarif tol terjauh (masuk Gerbang Tol Bakauheni Selatan keluar Gerbang Tol Kayu Agung).

Selanjutnya, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) memberikan diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan sebesar 20% dan berlaku pada 27-29 April 2023.

Baca Juga: Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Arus Balik Lebaran

PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) untuk jalan tol Tangerang-Merak memberikan potongan tarif tol 20% untuk tanggal 27-29 April 2023.

Kemudian, diskon tarif tol diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada tanggal 14 hingga 30 April 2023. Adapun besaran potongan tarif tol adalah Golongan I sebesar 15%, Golongan II dan III sebesar 44%, dan Golongan IV dan V sebesar 58%.

Editor
Komentar
Banner
Banner