Pemkab Kapuas

Camat hingga Lurah di Kapuas Diminta Lakukan Pencegahan Dini Karhutla

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan akan terjadi kemarau kering di Kalimantan Tengah.

Featured-Image
Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kapuas. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan akan terjadi kemarau kering di Kalimantan Tengah.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor meminta kepada camat, kepala desa serta lurah untuk berkoordinasi untuk melakukan upaya pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Camat, kepala desa dan lurah beserta jajarannya agar rajin melalukan patroli dan pemantauan secara rutin ke wilayah yang rawan serta melakukan tindakan cepat jika terdapat potensi sekecil apapun yang dapat menimbulkan karhutla,” kata Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Setengah Hektare Lahan Gambut di Dekat Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Terbakar

Baca Juga: Hanyut di Sungai Mentaya Sampit, Kakek Tanpa Identitas Meninggal Dunia

Pencegahan yang dimaksud di antaranya dengan melakukan sosialisasi dan terus memberikan imbauan kepada masyarakat, terutama bagi pemilik lahan agar tidak membakar lahan secara sembarangan pada musim kemarau.

Kemudian membentuk dan mengaktifkan satgas penanganan karhutla dari tingkat kecamatan sampai desa dan kelurahan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. 

Dia juga meminta agar camat, kepala desa, dan lurah menyampaikan laporan secara rutin mengenai situasi dan kondisi serta upaya yang dilakukan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayah masing-masing.

"Laporan disampaikan secara berjenjang kepada Bupati Kapuas melalui Satgas Penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas yang berada di Kantor BPBD Kapuas Jalan Kasturi Nomor 10 Desa Pulau Telo Kuala Kapuas," pinta Nafiah.

Editor


Komentar
Banner
Banner