debat cawapres

Cak Imin Serukan Capres-Cawapres Tobat Ekologis!

Cawapres 01 Muhaimin Iskandar menyerukan tobat ekologis ke semua capres-cawapres kontestasn Pilpres 2024.

Featured-Image
Cawapres RI 1 Muhaimin Iskandar. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Cawapres 01 Muhaimin Iskandar menyerukan tobat ekologis ke semua capres-cawapres kontestasn Pilpres 2024.

"Saya hanya mengajak Pak Prabowo, Pak Gibran, Pak Mahfud, Pak Ganjar, saya, Mas Anies, dan siapa pun untuk sama-sama tobat ekologis, memperbaiki ke depan menjadi lebih baik lagi," kata Cak Imin dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu malam (21/1).

Cak Imin mengingatkan bencana ekologis dan krisis lingkungan terjadi di mana-mana. Tak bermaksud menyalahkan siapa pun, ia merasa fakta tersebut perlu diantisipasi bersama secara baik.

Baca Juga: Janji Gibran soal Longsor Menahun Km 171 Tanah Bumbu   

"Kita saksikan kerusakan iklim dalam beberapa tahun terakhir, kerusakan lingkungan hidup yang mengkhawatirkan, bencana ekologis, banjir, longsor... kalau mau jujur kiamat makin dekat," Imin menegaskan.

Politikus PKB itu melihat pemerintah saat ini sudah terlalu berlebihan dalam mengeksplorasi nikel. Terutama dalam melakukan hilirisasi, tanpa pertimbangan ekologi serta sosial.

Eksplorasi nikel yang ugal-ugalan, sambungnya, malah telah mengorbankan kondisi lingkungan dan menimbulkan konflik sosial.

Baca Juga: Gibran Bilang Cak Imin Aneh: Tak Paham Lithium Ferro Phosphate

"Masa depan kita tidak jelas. Di sisi lain kita mengorbankan lingkungan dan sosial kita, sekaligus keuntungan yang sangat berbatas bagi negara. Oleh karena itu, bukan soal gegabah, ini soal keberanian dan keberpihakan," ujar dia.

KPU sebelumnya kembali menggelar debat Pilpres 2024. Debat cawapres kali ini membahas energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Editor


Komentar
Banner
Banner