Pemkab HSS

Cabor E-Sport Resmi Digelar Perdana dalam Porprov XI Kalsel di HSS

Cabang olahraga Esports resmi digelar perdana dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Featured-Image
Pembukaan pertandingan Porprov XI Kalsel cabang olahraga Porprov XI Kalsel. Foto-apahabar.com/Ahmad Syaifin Nuha

bakabar.com, KANDANGAN - Cabang olahraga (cabor) E-Sports resmi digelar perdana dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Minggu (6/11).

Opening Ceremony Porprov XI Kalsel E-Sport dihadiri oleh Ketua umum ESI Provinsi Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto dan Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad di Gedung Pramuka Kandangan.

E-Sport Porprov Kalsel terbagi 14 nomor pertandingan diikuti oleh 13 kabupaten/kota se-Kalsel, berlangsung mulai tanggal 6 sampai 12 November 2022.

Sedangkan jumlah atlet yang mengikuti seluruh nomer pertandingan dari beberapa nomor seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, E-Football 2023, FIFA 2022, dan Tekken 7 totalnya ada 385 atlet putra dan putri.

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad berpesan kepada seluruh atlet yang bertanding dapat memberikan yang terbaik untuk kabupaten/kotanya masing-masing.

Seluruh pertandingan E-Sport Porprov XI Kalsel akan disiarkan secara live streaming melalui channel YouTube ESI Kalsel.

Ketua umum ESI Kalsel, Brigjen Heri Armanto, mengatakan bahwa E-Sport merupakan sebuah industri yang perkembangannya begitu pesat sehingga tidak bisa dianggap sebelah mata.

Apalagi atlet Indonesia sudah mulai diperhitungkan di kancah dunia, mengingat berbagai prestasi sudah diraih dalam ajang internasional. 

"Kalsel menjadi pioner menyelenggarakan cabang olahraga E-Sport pertama di Indonesia yang dihitung secara resmi perolehan medalinya," ujarnya.

Brigjen Heri Armanto menjelaskan, Pengurus Besar E-Sport Indonesia (PB ESI) merupakan induk cabang olahraga di bawah naungan KONI yang resmi dilantik pada 18 Januari 2020. 

Sedangkan pengurus tingkat provinsi dilakukan pelantikan secara serentak se-Indonesia pada 14 Maret 2020, termasuk di Kalsel

"Semoga adanya Porprov ini dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas atlet serta sebagai batu pijakan agar nantinya mampu mengharumkan nama Kalsel di kancah nasional dan internasional," pungkasnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner