News

Bus Rute Balikpapan-IKN Resmi Beroperasi Hari Ini, Segini Tarifnya

Kementerian Perhubungan resmi meluncurkan angkutan transportasi umum rute Balikpapan-IKN mulai hari ini, Selasa (1/11).

Featured-Image
15 unit bus damri resmi beroperasi hari ini dengan rute Balikpapan-IKN. apahabar.com / Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN – Pemerintah terus gencar melakukan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang berada di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam mendukung pembangunan tersebut, Kementerian Perhubungan resmi meluncurkan angkutan transportasi umum rute Balikpapan-IKN mulai hari ini, Selasa (1/11).

Kepala Kepala Badan Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah XVII Kaltim-Kaltara (Kaltimra), Muis Thohir mengatakan bahwa pihaknya bersama Damri telah menyiapkan 15 unit bus untuk melayani para penumpang.

Bus tersebut secara bergantian beroperasi dari Balikpapan-Sepaku mulai pukul 06.00 wita hingga pukul 17.00 wita.

“Ini adalah layanan angkutan yang menghubungkan dari wilayah penghubung dari Balikpapan ke kawasan IKN. Adapun simpul-simpul yang dilalui itu yakni mulai dari Pelabuhan Semayang, kemudian Bandara SAMS Sepinggan, Terminal Batu Ampar lalu menuju ke Tol KM 13 lalu ke IKN, berhentinya di portal masuk ke IKN situ,” katanya dihadapan awak media, Selasa.

Adapun harga yang diterapkan yakni mengacu pada Permenhub PM No 83 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Kawasan Strategis Nasional. Namun pihaknya telah mengajukan besaran tarif yakni Rp43 ribu untuk sekali jalannya.

“Kita sudah mengusulkan ke Kementerian melalui Direktorat Angkutan Jalan, besaran yang kita gunakan yakni Rp43 ribu dari Balikpapan ke IKN, flat itu. Jadi kalau misalnya naik dari Semayang ke Bandara juga Rp43 ribu, jadi jauh dekat seperti itu,” tuturnya.

Bus yang digunakan jenis medium, yakni hanya berkapasitas 25 seat saja. Bus tersebut akan beroperasi mulai 1 November hingga akhir Desember 2022 nanti.

“Ini kita coba sampai Deasember nanti. Mudahan pemerintah bisa memperpanjang di tahun depan,” pungkasnya.

Baca Juga: Viral, Seorang Pekerja RDMP Kilang Minyak Balikpapan Selundupkan Rokok Dalam Kemasan Mie Instan

Editor


Komentar
Banner
Banner