lowongan kerja

Buruan! PT KAI Buka 2 Lowongan Kerja Hingga 12 Februari

PT KAI memberikan kesempatan kepada putra terbaik Bangsa Indonesia untuk bergabung dan berkarir di PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Featured-Image
PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka dua formasi lowongan pekerjaan dari lulusan SMA, D3, D4, dan S1, yaitu posisi Operasional dan Kondektur. Foto: Wikimedia

bakabar.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia memberikan kesempatan kepada putra terbaik Bangsa Indonesia untuk bergabung dan berkarir di PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Sejak 10 hingga 12 Februari 2023 PT KAI membuka lowongan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pekerja formasi Operasional dan Kondektur PT Kereta Api Indonesia.

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menyelenggarakan jasa angkutan perkeretaapian dan bisnis usaha penunjang lainnya  dengan visi "menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia" memberikan kesempatan kepada putra  terbaik Bangsa Indonesia untuk bergabung dan berkarir di PT Kereta Api Indonesia (Persero)," demikian keterangan resmi yang diterima bakabar.com, pada Jumat (10/2).

Mereka yang berhak melamar adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dengan jenis kelamin Pria sehat jasmani/rohani, memiliki Ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol).

Baca Juga: Investasi KAI di Kereta Cepat dan LRT, DPR: Terobosan Bisnis

"Khusus untuk SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) yang lulus mulai tahun 2020 dan setelahnya, menggunakan nilai ujian sekolah rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol) atau 70 (tujuh puluh)," tulisnya.

Pelamar bagi tamatan D3 dan D4/S1 harus memiliki IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) dengan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal "Baik Sekali (B)" untuk D3 dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal "Unggul (A)" untuk D4/S1 dari BAN-PT.

Adapun usia pelamar per 01 Februari 2023, tingkat Pendidikan SLTA serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun.

Khusus tingkat Pendidikan D3 serendah-rendahnya 20 (dua puluh) tahun dan setinggi-tingginya 27 (dua puluh tujuh) tahun. "Tingkat Pendidikan D4/S1 serendah-rendahnya 21 (dua puluh satu) tahun dan setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun," tulis keterangan resmi PT KAI.

Baca Juga: Kereta Panoramic Buka Rute Jakarta - Bandung hingga Surabaya, Cek Tarifnya

Nantinya mereka yang lolos seleksi akan mendapatkan prioritas penempatan untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang).

Kendati demikian, peserta yang lolos memiliki kesempatan untuk ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan atau dialihkan pada formasi sesuai kebutuhan dan aturan yang berlaku di PT Kereta Api Indonesia (Persero)

"Adapun penetapan formasi pekerjaan didasarkan pada hasil seleksi rekrutmen masing-masing pelamar dan kebutuhan perusahaan," jelas keterangan PT. KAI.

Mereka yang berhak mendaftar setidaknya  memiliki tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan ideal, berkelakuan baik, tidak bertato dan tidak bertindik dan  tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba atau psikotropika.

Baca Juga: Dukung Layanan Kereta Cepat, 20 Perusahaan Teken MoU dengan PT KCIC

Peserta juga tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin atau diberhentikan dengan tidak hormat.

"Juga tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai pekerja perusahaan," tulisnya.

Adapun tahapan seleksi yang akan diikuti oleh peserta, dimulai dari seleksi administrasi, berlanjut dengan seleksi kesehatan awal, lalu seleksi psikologi.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta - Bandung Akan Beroperasi Juni 2023

"Jika dinyatakan lulus, peserta mengikuti seleksi wawancara dan seleksi kesehatan akhir," tulis keterangan resmi PT KAI.

Selanjutnya bagi pelamar yang lulus seleksi tahap 1 (seleksi administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap 2 (seleksi kesehatan awal) yang akan diumumkan pada tanggal 24 Februari 2023 melalui website https://recruitment.kai.id. 

Editor


Komentar
Banner
Banner