Pemkab HSS

Bupati HSS Pimpin Apel Siaga Darurat Bencana Karhutla 2023

BupatiHSS Achmad Fikry pimpin apel siap siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2023 di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Selasa (06/06).

Featured-Image
Bupati Achmad Fikry bersama Forkopimda meninjau perlengkapan Karhutla 2023. Foto: Prokopim Setda HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry pimpin apel siap siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2023 di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Selasa (6/6/2023).

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk ikut waspada dan membantu mencegah timbulnya potensi Karhutla," kata Bupati Fikry.

Sebagai wujud komitmen bersama dalam rangka memperkuat sinergitas untuk Karhutla, karena itu tidak hanya tugas pemerintah daerah beserta TNI-Polri melainkan tugas bersama.

"Perlu kesadaran masyarakat yang penting pada saat terjadi bencana kita sudah siap peralatan untuk menangani," ucap Bupati Fikry.

Tidak hanya itu, Bupati Achmad Fikry meminta masyarakat dengan penuh kesadarannya untuk selalu waspada terhadap bencana, termasuk mengurangi potensi Karhutla dengan cara tidak membakar lahan saat musim kemarau.

"Membuka lahan dengan cara dibakar itu dilarang Undang-undang dan bisa ditindak tegas secara hukum oleh aparat kepolisian," pungkasnya.

Tiap desa di HSS telah membentuk posko dengan prosedur standar ada protapnya supaya jika terjadi bencana tugas pertama desa yang menangani, selanjutnya pemerintah daerah.

Diketahui, ada sejumlah desa khususnya daerah perairan sudah memiliki alat pemadam kebakaran portable yang bisa dimasukan ke kapal kecil untuk menuju titik api.

Jika ada sejumlah permasalahan seperti tidak ada ditemukan sumber air maka koordinasi dengan BPPD tingkat provinsi untuk mendatangkan helikopter water bombing.

Editor


Komentar
Banner
Banner