Pemkab Banjar

Bupati Banjar Minta Penyuluh Pertanian Beradaptasi dengan Perkembangan Zaman

Bupati Banjar H Saidi Mansyur meminta kepada para penyuluh pertanian bisa beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi

Featured-Image
Bupati Banjar H Saidi Mansyur meminta penyuluh pertanian beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi. foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur meminta para penyuluh pertanian bisa beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi, harus mampu bertransformasi dan eksis dalam memberdayakan petani sesuai perkembangan zaman.

Hal itu bupati sampaikan saat Temu Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Banjar di Jack Kolam Bincau Martapura, Kamis (28/12/2023) pagi.

Menurut Saidi Mansyur, penyuluh pertanian bisa dikatakan sebagai garda terdepan dan sangat menentukan kualitas keberhasilan pembangunan pertanian.

“Penyuluh pertanian berperan besar dalam penyampaian informasi dalam percepatan inovasi teknologi serta pendampingan berbagai program pemerintah di tingkat lapangan," ujari Saidi didampingi wakilnya Habib Idrus Al-Habsyie.

"Oleh karena itu penyuluh harus dapat menjadi sarana konsolidasi bagi para petani tempat berkomunikasi dan tukar informasi, sehingga terjalin kemitraan sekaligus untuk mempromosikan hasil pertanian di wilayah masing-masing,” sambungnya.

Bupati menambahkan, untuk memperlancar dan menunjang dalam pelaksanaan tugas penyuluh, ke depan Pemkab Banjar akan berusaha untuk memperhatikan dan memperbaiki fasilitas sarana prasarananya yang tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kinerja.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Nasrullah Shadiq mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap para penyuluh pertanian, sekaligus ajang pertemuan dengan Bupati Banjar terkait saran dan masukan para penyuluh untuk perkembangan pertanian depan mendatang.

“Bupati menginginkan mereka semakin berkembang dan kehadirannya mampu dirasakan manfaatnya oleh para petani dan masyarakat. Nantinya pembangunan pertanian dapat disinkronkan dalam berbagai wilayah, sehingga pembangunan pertanian di Kabupaten Banjar dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Pada akhir acara Bupati Banjar didampingi wakilnya menyerahkan tali asih kepada sejumlah penyuluh yang purna tugas sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah.

Editor
Komentar
Banner
Banner