Pemkab Banjar

Bupati Banjar Meluncurkan Pasar Hewan Karang Intan Terpadu

Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al Habsyi melaunching Pasar Hewan Karang Intan dan Kontes Ternak Kabupaten Banjar 2024.

Featured-Image
Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al Habsyi melaunching Pasar Hewan Karang Intan dan Kontes Ternak Kabupaten Banjar 2024, di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Kamis (30/5). foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al Habsyi melaunching Pasar Hewan Karang Intan dan Kontes Ternak Kabupaten Banjar 2024, di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Kamis (30/5) siang.

Launching ditandai dengan pemotongan untaian melati dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Banjar disaksikan Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, kepala SKPD, peserta kontes dan sejumlah undangan.

Di hadapan peserta H Saidi Mansyur mengucap syukur keinginan masyarakat untuk memiliki pasar hewan dapat terwujud di Kabupaten Banjar. Ia berharap pasar hewan tersebut membawa dampak perekonomian bagi masyarakat khususnya di bidang ternak.

“Melihat populasi ternak kita seperti sapi dan kambing cukup banyak dan pemerintah yang memiliki pasar hewan hanya Kabupaten Banjar,” tuturnya.

Saidi Mansyur berharap pasar hewan ini nantinya dapat dikelola oleh jajaran pertanian, khususnya tim pengelola. Dirinya juga mengapresiasi para peserta kontes ternak baik dari dalam maupun luar daerah seperti dari Kota Banjarbaru, Banjarmasin, Marabahan, Tabalong dan lainnya.

“Luar biasa antusias peserta, menjadi semangat bagi kami, pasar hewan ini nantinya mempunyai dampak yang baik bukan hanya untuk masyarakat kita tetapi juga masyarakat Kalsel,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Warsita menyebut jumlah peserta yang ikut kontes ketegori sapi sebanyak 14, kambing 22 dan beberapa komunitas kelinci untuk memeriahkan kontes tersebut.

“Kriteria yang dilombakan yakni sapi bali jantan dan kambing jantan. Lomba sifatnya ekstrem jadi yang dilombakan adalah berat badan atau bobot sapi atau kambing yang paling besar dan sehat adalah pemenangnya. Kriteria penilaian sendiri meliputi bobot, umur dan kesehatan,” jelasnya.

Diketahui, Pasar Hewan Karang Intan merupakan pasar hewan terpadu karena selain fasilitas untuk jual beli hewan juga tersedia fasilitas Puskeswan Padang Panjang. Dengan kapasitas dapat menampung sekitar 100 ekor sapi, berdiri di atas tanah seluas 6000 M².

Beberapa pemenang Kontes Sapi Bali Ekstrem antara lain Juara I diraih Sailun asal Barito Kuala, Terbaik II Taufiqurrahman Martapura, Terbaik III Maulidin Anshar Banjarmasin dan Juara Favorite diraih Taufiqurrahman asal Martapura. Sedangkan pemenang Kontes Kambing Ekstrem antara lain Juara I diraih Raja Terkam Farm asal Banjarbaru, Terbaik II Zainal Cindai Alus, Terbaik III Agus Banjarbaru dan Juara Favorite Raja Terkam Farm serta Juara Favorite Kontes Kelinci diraih Daini asal Martapura.

Masing-masing pemenang mendapatkan piala serta piagam dari Bupati Banjar dengan total hadiah sebesar Rp 7.500.000.

Editor


Komentar
Banner
Banner