BIK Jabar 2023

Bulan Inklusi Keuangan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Jawa Barat (Jabar) jadi tuan rumah Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023. Digelar 27-28 Oktober tadi. 

Featured-Image
Kegiatan BIK 2023 ini juga diarahkan untuk mendorong adanya pemerataan akses keuangan. Foto: Humas OJK KR 2 Bandung

bakabar.com, BANDUNG - Jawa Barat (Jabar) jadi tuan rumah Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023. Digelar 27-28 Oktober tadi. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memandang itu hal baik. Karena berfungsi memaksimalkan akses keuangan kegiatan usaha masyarakat.

"Banyak kegiatan BIK 2023 untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Khususnya UMKM," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi.

Baca Juga: Lepas dari Ketergantungan Tambang, UMKM dan Pariwisata Jadi Kunci

Karena itu, kata dia perlu adanya sinergi yang kuat. Antara OJK dengan pemerintah daerah. "Serta seluruh pemangku kepentingan di industri jasa keuangan,"  imbuhnya.

Sebagai informasi. BIK 2023 diarahkan untuk adanya pemerataan akses keuangan daerah. Tak hanya bagi yang sudah bankable. Tapi unbankable seperti UMKM.

Baca Juga: PUPR Dorong UMKM Lokal Berjualan di Rest Area Jalan Tol

Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan. Terutama mengenai saluran-saluran pendanaan yang memungkinkan dimanfaatkan.

Lebih lanjut, kata Inarno, dengan akses keuangan yang merata bisa mendorong perkembangan kegiatan usaha masyarakat. Ending-nya bakal mendorong peningkatan kesejahteraan berbagai lapisan.

Lebih jauh, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Keuangan Derivatif punya pandangan serupa. Adanya sinergi yang baik akan mendorong keberhasilan penyediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat di Provinsi Jawa Barat.

Editor


Komentar
Banner
Banner