Objek Wisata Indonesia

Bukit Bego sampai Green Kenyot, 9 Objek Wisata Terunik di Indonesia

Indonesia memiliki segudang objek wisata yang menawarkan pemandangan indah. Namun di balik khazanah wisata itu, terdapat nama yang terbilang unik.

Featured-Image
Bukit Bego. Foto: Net.

bakabar.com, JAKARTA - Indonesia memiliki segudang objek wisata yang menawarkan pemandangan indah. Namun di balik khazanah wisata itu, terdapat nama yang terbilang unik bahkan aneh.

Destinasi wisata tersebut tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra, dan lainnya. Selain itu, objek wisatanya juga beragam, seperti air terjun, sungai, hingga candi.

Sejarah penamaan berakar dari cerita lisan yang beredar. Namun, ada juga yang karena penyebutannya rumit sehingga dipilihlah nama yang lebih mudah diucap kendati terdengar aneh.

Melansir CNN, berikut ini sejumlah nama tempat wisata yang aneh di Indonesia:

1. Air Terjun Kakek Bodo

Nama tempat wisata aneh di Indonesia yang pertama ini terletak di Pasuruan, Jawa Timur, yakni Air Terjun Kakek Bodo. Penamaan unik ini rupanya bukan tanpa alasan.

Konon, dahulu ada seorang kakek pengabdi keluarga Belanda yang rela meninggalkan segala hal bersifat duniawi dan bersemedi di tempat tersebut. Keluarga Belanda itu menyebutnya sebagai Si Kakek Bodoh.

2. Air Terjun Siluman

Selanjutnya adalah Air Terjun Siluman yang berada di Sumatra Utara. Dinamakan siluman sebab, terkadang air terjun ini muncul tapi terkadang juga menghilang.

3. Bukit Bego

Di Bantul terdapat tempat wisata berupa bukit bernama Bukit Bego. Namun, penamaan bego ini bukan berarti bodoh.

Kata bego diambil dari nama alat berat yang digunakan untuk memperbaiki bukti batu tersebut.

4. Candi Asu

Nama tempat wisata aneh di Indonesia berikutnya ini berada di Jawa Tengah, yakni sebuah candi bernama Asu.

Asu sendiri dalam bahasa Jawa berarti anjing. Hal itu karena banyaknya jumlah anjing yang terdapat di sekitar candi ini.

5. Dusun Gendeng

Dusun Gendeng merupakan tempat wisata yang berada di Bantul, Yogyakarta. Meski bernama gendeng, bukan berarti masyarakat yang tinggal di dusun ini gila.

Di tempat ini, masyarakatnya merupakan para pembuat wayang. Dusun ini juga dikenal sebagai penghasil wayang kulit berkualitas.

6. Green Kenyot

Beralih ke Jawa Barat, tepatnya di Bandung terdapat tempat wisata bernama Sungai Cikahuripan. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Green Canyon, sebab terdapat dua tebing yang menjulang tinggi mirip dengan Green Canyon di Pangandaran.

Akan tetapi karena pengucapan Green Canyon dirasa terlalu sulit, masyarakat setempat menyebutnya dengan panggilan Green Kenyot.

7. Gua Pocong

Di Pacitan, Jawa Timur, terdapat tempat wisata bernama Gua Pocong. Dinamakan Gua Pocong sebab di dalamnya terdapat batu yang bentuknya menyerupai hantu pocong.

8. Pantai Kutang

Pantai Kutang merupakan objek wisata yang berada di Lamongan, Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, kutang memiliki arti pakaian dalam.

Pantai ini diberi nama kutang sebab dahulu warga setempat kerap menemukan bra berserakan di pantai ini.

9. Pantai Sandal Jodoh

Terakhir, ada pantai unik yang berlokasi di Bengkulu bernama Pantai Sandal jodoh. Sebenarnya nama aslinya adalah pantai Tapak Paderi, tetapi karena terdapatnya spot dinding yang penuh dengan sandal, maka disebut Pantai Sandal.

Untuk menarik minat wisatawan ditambah kata jodoh menjadi Pantai Sandal Jodoh.

Editor


Komentar
Banner
Banner