Manfaat Berwudhu

Bukan Hanya Syarat Salat, Berwudhu Punya Sederet Manfaat

Selain sebagai syarat Salat dan beberapa ibadah lain seperti thawaf, itikaf, dan membaca atau memegang Alquran, wudhu ternyata memiliki berbagai macam manfaat.

Featured-Image
Sederet manfaat berwudhu (Foto: dok.OhMedia)

bakabar.com, JAKARTA - Salah satu kewajiban sebelum melakukan Salat adalah wudhu yang berarti salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air yang disertai dengan niat.

Setiap muslim yang akan melakukan ibadah Salat dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Sehingga wudhu memiliki peranan penting dalam ibadah dan sah tidaknya sebuah ibadah tergantung dari cara wudhunya.

Selain sebagai syarat salat dan beberapa ibadah lain seperti thawaf, itikaf, dan membaca atau memegang Alquran, wudhu ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kehidupan sehari-hari.

Tak heran, jika Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan setiap muslim untuk selalu memperhatikan wudhunya.

Berikut adalah macam-macam manfaat wudhu:

1. Membantu menghilangkan kuman dari tubuh

Menjalani aktifitas sehari-hari yang padat,mulai dari bekerja, terpapar sinar matahari, polusi, dan berkeringat akan membuat tubuh anda terinfeksi bakteri.

Jika hanya mengandalkan mandi saja tidak akan cukup untuk menjamin kebersihan tubuh tetap terjaga.

Salah satu solusinya adalah berwudhu, selain sebagai syarat salat, wudhu dapat menjaga tubuh tetap bersih dan terhindar dari kuman. Semakin sering berwudhu, maka resiko terserang kuman juga akan semakin sedikit. 

2. Mencegah jerawat dan mencerahkan wajah

Kemunculan jerawat dipicu oleh bertumpuknya kotoran,debu serta kelebihan minyak yang akan menyumbat pori-pori. Oleh sebab itu Anda harus rajin mencuci dan membersihkan wajah.

Dengan berwudhu, permasalahan tersebut bisa terselesaikan. Bahkan berwudhu lebih baik dari pada mencuci wajah menggunakan facial foam.

Penggunaan sabun wajah cukup 2x sehari saja, karena jika berlebihan, akan membuat wajah menjadi kering.

Selain dapat mencegah jerawat, berwudhu juga dapat mencerahkan wajah. Dengan berwudhu kotoran dan noda yang membandel di kulit wajah akan perlahan hilang. Wajah pun menjadi bersih dan cerah. 

3. Mencegah kanker kulit

Peneliti bernama Mokhtar Salem menjelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit. Hal itu disebabkan karena bahan-bahan kimia seperti makeup yang setiap hari menempel kemudian meresap ke pori-pori.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa munculnya penyakit kulit disebabkan oleh rendahnya kebersihan kulit, terutama bagi anda yang memiliki aktifitas padat di luar ruangan.

Maka dari itu disarankan untuk rajin membasuh anggota tubuh seperti wajah, telinga, tangan, hidung, kepala, dan kaki dengan air.

Sehingga dengan berwudhu, bahan kimia dan kotoran yang menempel pada kulit akan larut terbuang bersama air. 

4. Melancarkan peredaran darah

Manfaat air wudhu selanjutnya adalah dapat melancarkan peredaran darah dan mencegah tersumbatnya aliran darah.

Ketika berwudhu, kulit akan terkena langsung dengan air, maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh.

Hal itu terjadi karena suhu panas dalam tubuh bertemu dengan suhu dingin pada air. Tubuh akan menjadi lebih segar dan peredaran darah pun lancar.

Itulah beberapa manfaat wudhu untuk kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat, ya.

Editor


Komentar
Banner
Banner