Pemkab Tanah Bumbu

BPBD Tanbu Lakukan Ekspose Laporan Data Rentan Bencana

apahabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan Ekspose Laporan Pendahuluan Penyusunan…

Featured-Image
Ekspose data bencana di BPBD Tanah Bumbu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan Ekspose Laporan Pendahuluan Penyusunan Analis Data Informasi Kelompok Rentan dan Baseline Data Prabencana.

Ekspose juga dilakukan beberapa SKPD yang lain yakni Bappeda, Dinas Perkimtan, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, dan Dinas Perikanan di Aula Kantor BPBD, Selasa (2/11).

Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais, menjelaskan sejak pemerintah daerah bertanggung jawab dalam urusan penanggulangan bencana bersama masyarakat dan dunia usaha, maka usaha penanggulangan bencana harus dilakukan secara terpadu, terarah dan terkoordinasi sejak dari awal penetapan arah kebijakan pembangunan.

Upaya tersebut dilakukan agar bencana yang terjadi bisa ditanggulangi dengan baik dan terhindar dari jatuhnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis lainnya.

“Kita berharap ekspose yang disusun nanti akan menggambarkan kerusakan, kerugian, serta kebutuhan pasca bencana secara cepat, tepat, terukur dan menyeluruh,” pungkas Eryanto.

Di antara data dan informasi yang dihasilkan dari hasil ekpose yaitu daerah rawan bencana di Kecamatan Kusan Hulu. Baik aset properti, jiwa manusia hingga sektor ekonomi dan sosial.



Komentar
Banner
Banner