tanah bumbu

BPBD Tanbu Imbau Masyarakat Pesisir Waspada Terhadap Pasang Air Laut

apahabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar…

Featured-Image
Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais. Foto-apahabar.com/Syahriadi

bakabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada terhadap fenomena alam.

Hari ini, Sabtu (19/12), hampir seluruh wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu cuaca mendung dan sebagian turun hujan. Sebagian juga disertai dengan angin kencang, terlebih di pesisir pantai yang mengalami pasang air laut.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Tanah Bumbu, khususnya yang tinggal dekat pantai agar waspada terhadap pasang air laut yang bisa menimbulkan terjadinya bencana,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais, Sabtu (19/12) siang.

Eryanto mengingatkan kepada masyarakat bila terjadi bencana segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman serta melapor ke pihak RT, desa, dan kecamatan.

“Bila terjadi bencana atau fenomena alam di wilayah, segera melapor dan koordinasikan dengan pihak desa dan pihak kecamatan, agar dapat dilakukan penanganan bencana secara cepat oleh tim yang berada di lapangan,” pesan Eryanto.

Fenomena alam yang patut diwaspadai seperti banjir, angin puting beliung, longsor, dan gelombang pasang.

Menurutnya kondisi cuaca saat ini juga sulit diprediksi dan gampang berubah. Kadang juga bisa terjadi banjir secara dadakan akibat kiriman air dari gunung.

“Tetap waspada, lapor kalau terjadi sesuatu. Utamakan keselamatan jiwa,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner