Hot Borneo

BPBD Kapuas Imbau Warga Waspada Bencana Hidrometeorologi

Masyarakat Kabupaten Kapuas, Kalteng diimbau untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir dan angin puting beliung.

Featured-Image
BPBD Kapuas masyarakat Kapuas, Kalteng untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi. Foto: Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Masyarakat Kabupaten Kapuas, Kalteng diimbau untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir dan angin puting beliung.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Panahatan Sinaga, mengatakan selama tahun 2022 bencana hidrometeorologi masih mendominasi di daerah setempat.

"Bencana hidrometeorologi itu antara lain seperti banjir dan puting beliung dengan total 9 kejadian selama tahun 2022," katanya, Jumat (6/1).

Berdasarkan catatan BPBD Kapuas tahun 2022 terdapat 2 kali kejadian banjir, di mana sebanyak 5.963 rumah terendam dan 9.258 kepala keluarga terdampak.

Sedangkan untuk bencana puting beliung 7 kali kejadian dengan total jumlah rumah yang rusak sebanyak 35 unit dan 1 sekolah serta 1 dermaga mengalami rusak berat.

Untuk itu, Panahatan Sinaga pun mengimbau masyarakat setempat untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir, angin puting beliung dan gelombang laut.

"Kemungkinan terjadinya bencana hidrometeoroligi bisa saja terjadi di tahun 2023 ini, karena Kapuas memang rawan terjadinya banjir dan angin puting beliung," ujarnya.

"Saya imbau masyarakat selalu waspada," pungkas Panahatan Sinaga.

Editor


Komentar
Banner
Banner