Pemkab Balangan

BPBD Balangan Imbau Warga di Bantaran Sungai Waspada Banjir

Kepala BPBD Balangan H Rahmi mengimbau kepada warga agar selalu waspada dengan peningkatan air akibat meluapnya sungai setempat.

Featured-Image
Air Sungai Balangan Hampir Memasuki Pemukiman Warga Perum Bumi Raya Indah Kelurahan Batupiring Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan, Kamis (30/3/2023). Foto-apahabar.com/Hendry

bakabar.com, PARINGIN - Kepala BPBD Balangan H Rahmi mengimbau kepada warga agar selalu waspada dengan peningkatan air akibat meluapnya sungai setempat.

Ia mengatakan bagi warga yang tinggal di bantaran sungai apalagi yang memang sering terdampak banjir agar lebih waspada karena air dari dua sungai utama di Kabupaten Balangan saat ini masih tinggi.

"Setiap saat selalu kita imbau untuk waspada dan siaga terhadap potensi banjir dengan adanya cuaca ekstrim/hujan lebat," ujar Rahmi, Kamis (30/3/2023).

Kondisi Sungai Balangan Dilihat Dari Jembatan Paringin Yang Mengalami Peningkatan Ketinggian Air, Kamis (30/3). (Apahabar.com/Hendry)
Kondisi Sungai Balangan Dilihat Dari Jembatan Paringin Yang Mengalami Peningkatan Ketinggian Air, Kamis (30/3). Foto-bakabar.com/Hendry

Selain itu, ia mengingatkan agar barang-barang elektronik yang mudah konflik dengan air agar segera diamankan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersetrum atau kebakaran karena korsleting listrik.

Saat ini, kata Rahmi, tim TRC BPBD Balangan selalu siap siaga di lapangan untuk membantu menolong masyarakat yang tertimpa musibah khususnya pada banjir kali ini.

Asdira (35) salah seorang warga perumahan Bumi Raya Indah, Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin Selatan, yang kebetulan lokasi perumahannya berada di pinggir Sungai Balangan mulai merasa panik melihat tingginya air sungai, karena hampir memasuki pemukiman tempat ia tinggal.

"Air sudah tinggi, hampir memasuki kompleks kami, dari tadi pagi air memang sudah mulai naik, mudah-mudahan air tidak sampai masuk ke rumah seperti tahun 2021," ucapnya 

Diketahui pada banjir 2021 lalu ada 34 rumah yang terdampak banjir di Perum Bumi Raya Indah, Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Editor


Komentar
Banner
Banner