Resolusi Tahun Baru

Bosan Resolusi Sering Gagal? Ketahui Penyebab Resolusi Tak Tercapai

Awal tahun biasanya dijadikan langkah pertama untuk membuat resolusi. Biasanya resolusi dibuat untuk satu tahun kedepan.

Featured-Image
Ketahui mengapa resolusi tahun baru sering gagal. Foto: Student news

apahabar, JAKARTA –  Awal tahun biasanya dijadikan langkah pertama untuk membuat resolusi. Biasanya resolusi dibuat untuk satu tahun kedepan.

Resolusi setiap orang berbeda-beda. Ada yang berkomitmen untuk menurunkan berat badan, mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, dan sebagainya.

Namun kenyataannya, menurut survei Forbes health yang dilakukan pada Oktober 2023, sebanyak 61,7% responden mengatakan bahwa mereka merasa tertekan untuk menetapkan resolusi tahun baru.

Lebih dari 90% resolusi tersebut diabaikan dan hanya dilakukan dalam beberapa bulan. Mengapa kita tidak bisa menjalankan resolusi hingga berhasil?

Menurut psikologis klinis dari Ellie Mental Health di Mendota Heights, tahun baru merupakan salah satu kesempatan untuk refleksi. Akibatnya banyak dari kita mempertimbangkan perubahan yang ingin kita lakukan saat memasuki tahun baru.

Mengapa Resolusi Gagal?

Salah satu faktor terbesar kegagalan dalam mencapai resolusi itu adalah, seringkali hal yang ingin kita ubah merupakan perubahan yang besar. Namun kita tidak cukup optimis dalam menggapainya.

“Yang salah dalam resolusi tahun baru adalah adanya gagasan bahwa resolusi tahun baru harus berupa perubahan besar dan menyeluruh. Tapi sebagai manusia, kita tidak terikat untuk melakukan perubahan besar dan menyeluruh,” ucap Terri Bly melansir dari VeryWell Mind.

Bly menjelaskan bahwa kita perlu mengetahui alasan dalam membuat resolusi. Dengan begitu kita akan menemukan cara yang lebih realistis sehingga keberhasilan dalam mencapai resolusi jadi lebih besar.

Alasan lain mengapa kita tidak dapat berkomitmen pada resolusi adalah karena kita belum siap untuk berubah. Perubahan itu merupakan hal yang sulit dan kita harus benar-benar fokus pada apa yang kita lakukan.

Membuat resolusi tahun baru secara spontan kemungkinan besar tidak akan berhasil. Diperlukan pemikiran, persiapan, serta perencanaan baik secara psikologis maupun fisik.

5 Tahap agar Resolusi Tercapai

Agar resolusi bisa tercapai, kita bisa memulainya dengan melakukannya secara bertahap. Terri menyarankan 5 tahapan yang bisa dilakukan untuk membuat resolusi bisa terwujud.

1. Prakontemplasi, ini adalah tahap di mana Anda mulai menyadari bahwa ada sesuatu pada diri atau kehidupan yang perlu diubah

2. Kontemplasi, ketika sudah mengetahui ada sesuatu yang perlu diubah, maka kita mulai berpikir untuk melakukan perubahan

3. Persiapan, ini adalah fase di mana kita mulai menyusun rencana dan melakukan perubahan

4. Tindakan, fase di mana kita memulai perubahan yang sudah direncanakan dan mengambil langkah pertama yang harus dilakukan.

5. Pemeliharaan, bertahanlah untuk mempertahankan perubahan yang diharapkan, dan temukan berbagai cara agar perubahan tersebut berhasil dilakukan.

Editor
Komentar
Banner
Banner