Imbauan BMKG

BMKG: Waspadai Banjir Rob di Pesisir Jakarta Utara 19 Mei 2023

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bakal terjadi banjir rob di pesisir Jakarta Utara dan sejumlah wilayah di Indonesia

Featured-Image
Dua warga menuntun sepeda motor di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang terendam banjir rob di pertengahan Mei 2022. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bakal terjadi banjir rob di pesisir Jakarta Utara dan sejumlah wilayah di Indonesia pada Jumat (19/5) mendatang.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan, fenomena banjir pasang air laut ini diprediksi karena adanya fase Bulan Baru. Dan berpotensi terjadi banjir rob di beberapa wilayah di Jakarta Utara.

"Adanya fenomena fase Bulan Baru pada tanggal 19 Mei 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Eko, Selasa (16/5).

Baca Juga: BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob 14-26 Februari 2023

Eko menerangkan, selain pesisir Jakarta Utara, wilayah lainnya yang berpotensi terdampak rob meliputi pesisir Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau.

Kemudian Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, hingga Papua Selatan.

"Potensi banjir pesisir atau rob ini berbeda waktu, hari dan jam, di tiap wilayah. Secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir," ucap Eko.

Baca Juga: 3 Langkah Pemprov DKI Jakarta Buat Antisipasi Banjir Rob

Masyarakat yang beraktivitas di sekitar pesisir diimbau mewaspadai potensi banjir rob ini. Hal tersebut dikarenakan aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner