prakiraan cuaca

BMKG: Hujan Lebat Nyaris Merata di Sejumlah Wilayah, DKI Jakarta Hujan Ringan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat diserta petir dan kencang akan terjadi di beberapa kota besar di Indonesia

Featured-Image
Kawasan Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta Pusat saat hujan. (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat diserta petir dan kencang akan terjadi di beberapa kota besar di Indonesia, Kamis (10/11).

Seperti dilansir Antara, BMKG memperingatkan potensi hujan lebat akan terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Hujan lebat juga akan terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Jawa seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur. Termasuk wilayah lain seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Waspada! BMKG Ingatkan Hujan Lebat Nyaris Merata di Sejumlah Daerah

Hal serupa juga akan terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Sulawesi seperti Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara. Bahkan termasuk Papua dan Papua Barat.

Sejumlah kota lainnya yang mengalami hujan lebat disertai petir juga terjadi di Banda Aceh, Pekanbaru, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Tarakan, Ambon, dan Kupang.

Sementara itu, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara dan Maluku berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan.

Lebih lanjut, kawasan DKI Jakarta yang mengalami hujan ringan akan terjadi pada siang dan malam hari di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Adapun Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengalami hujan ringan pada siang hari.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Jakarta akan Hujan Siang dan Sore

Sejumlah kota besar diprakirakan mengalami hujan lebat atau hujan petir pada hari ini termasuk Banda Aceh, Pekanbaru, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Tarakan, Ambon dan Kupang.

BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat, seperti banjir dan longsor, yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kategori waspada untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Editor


Komentar
Banner
Banner