LIFESTYLE

Bisa Kurangi Stres, Ini 5 Manfaat Membaca Buku

Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki tingkat literasi rendah. Padahal, membaca punya segudang manfaat yang baik untuk diri sendiri

Featured-Image
Manfaat membaca buku. Foto: Dunia Dosen.

bakabar.com, JAKARTA - Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki tingkat literasi rendah. Hal ini merujuk hasil survei Programme International for Student Assesment (PISA) tahun 2019, di mana menempati peringkat 72 dari 77 negara.

Kabar baiknya, The Digital Reader melaporkan minat baca masyarakat Indonesia terus meningkat setiap tahun. Persentase minat baca itu mencapai 53,84 persen pada 2019, kemudian melambung jadi 54,17 persen setahun setelahnya.

Kemajuan ini tentu tak terlepas dari kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya membaca. Sudahkah Anda mengetahui manfaat dari kegiatan membaca?

Kalau belum, maka artikel kali ini patut disimak hingga akhir. Melansir berbagai sumber, berikut lima manfaat membaca buku:

1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Salah satu manfaat rutin membaca buku ialah bisa memperoleh berbagai informasi baru. Wawasan dan ilmu pengetahuan itu dapat menjadi bekal untuk menghadapi tantangan kehidupan.

Selain itu, informasi baru juga mampu membuat seseorang memiliki pola pikir lebih terbuka alias open-minded. Pola pikir yang demikian bisa membantu seseorang dalam menghadapi atau menyikapi banyak hal yang sebelumnya tak pernah dihadapi. 

2. Menambah kosakata

Selain informasi, rajin membaca buku juga dapat menambah kosakata baru. Ini tentunya sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Kosakata baru bisa digunakan untuk berbagai hal. Misalnya, ketika akan melakukan presentasi, menyampaikan pendapat, menulis cerita, mengartikan maksud lawan bicara, dan meningkatkan rasa percaya diri.

3. Mengurangi stres dan berbagai penyakit

Membaca buku berpotensi membuat otak merasa lebih rileks, sehingga hormon penyebab stres juga bakal ditekan. Inilah sebabnya, membaca buku dapat menurunkan tingkat stres hingga 67 persen.

Tak cuma stres, membaca buku juga dapat mencegah berbagai penyakit. Di antaranya, menurunkan tekanan darah, mengurangi gejala dari gangguan mental tertentu, bahkan mengurangi risiko terjangkit Alzheimer dan demensia.

4. Meningkatkan daya ingat

Membaca buku dapat meningkatkan daya ingat, sebab otak tetap aktif menjalankan fungsinya saat membaca. Sebagai contoh, otak akan terus aktif mengingat jalan cerita dan detail penting yang dibaca, seperti karakter, lokasi, atau sejarah.

5. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Ketika membaca buku, otak akan terlatih menjadi lebih fokus dan konsentrasi terhadap hal yang sedang dibaca. Konsentrasi itu dapat mengasah kemampuan analisis terhadap berbagai hal.

Misalnya, menganalisis keadaan, masalah, dan sebagainya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menentukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi.

Itulah lima manfaat yang bisa diperoleh dari membaca buku. Meski kegiatan ini terlihat sepele, ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat tubuh. Karena itu, mari mulai rajin membaca!

Editor


Komentar
Banner
Banner