Tak Berkategori

Bisa Cegah Korupsi, Genbi Kalsel Ajak Pengusaha Gerakkan Pembayaran Nontunai

apahabar.com, BANJARMSIN – Dari tahun ke tahun, sistem non-tunai kian gencar disosialiasikan. Sistem itu dinilai mampu…

Featured-Image
Ketua Genbi Kalsel Khairun Najmi (tengah) saat Sosialiasi Gerakan non-tunai dan seminar leadership zaman now lantai 6, Kantor Perwakilan BI Kalsel, Rabu (10/7).  Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMSIN – Dari tahun ke tahun, sistem non-tunai kian gencar disosialiasikan. Sistem itu dinilai mampu mengurangi waktu terbuang saat pembayaran hingga membatasi pengeluaran saat belanja.

Mengenalkan lebih dalam tentang sistem pembayaran non tunai, Generasi Baru (Genbi) Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar sosialisasi dan seminar leadership zaman now pada para UMKM dan Mahasiswa di Banjarmasin, Rabu (10/07).

Ketua Genbi Kalsel Khairun Najmi menginginkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan pembayaran tunai karena lebih aman dan efisien.

“Kegiatan ini adalah mengajak para pelaku UMKM mulai menggunakan sistem pembayaran non-tunai. Saat ini sudah banyak sistem pembayaran non-tunai yang bisa digunakan dan cukup mudah pelaksanaanya,” ujar Khairun Najmi ditemui di sela-sela acara.

Meminjam data Bank Indonesia (BI), transaksi non-tunai (cashless transaction) telah tumbuh lebih dari 12% year on year (yoy).

BI menyebut transaksi e-money nonbank mencatat kenaikan lebih dari 200%. Artinya sudah semakin banyak orang Indonesia mengadopsi transaksi non-tunai dalam kehidupan sehari-hari.

Mengacu data tersebut, para pelaku usaha kata Najmi bisa terus memacu mengambil keuntungan dengan sistem pembayaran non-tunai.

Menurutnya dengan kemudahan itu para pemilik UMKM bisa memperluas penjualan. Apa lagi sistem non-tunai ini cukup erat kaitannya dengan belanja online.

Non-Tunai Bisa Cegah Korupsi

Di era sekarang, banyak teknologi yang bermunculan di dalam segala aspek. Salah satunya adalah transaksi tanpa menggunakan uang tunai, atau yang biasa kita sebut e-payment.

Ternyata transaksi ini mempermudah cara pembayaran di zaman sekarang ini. Dikutip dari beberapa sumber, bakabar.com meringkas ada lima keunggulan pembayaran non tunai.

1. Mencegah korupsi

Penggunaan transaksi non-tunai juga dapat mencegah korupsi lho! Jika kamu menggunakan uang tunai, bisa saja uang yang kamu bayarkan itu masuk ke kantong dari oknum pegawai yang tidak bertanggung jawab.

Dengan transaksi non-tunai, uang yang kamu bayarkan akan langsung masuk ke rekening perusahaan atau pemilik usaha langsung. Jadi secara tidak langsung kamu mendukung pemerintah untuk mengurangi korupsi di negara kita lho!

2.Lebih efisien

Pembayaran dengan sistem non-tunai mempermudah cara pembayaran karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, pembayaran non-tunai juga sangat cepat dilakukan karena bisa menggunakan kartu debet/kredit atau bisa menggunakan tap-payment.

Pembayaran menggunakan kartu debet/kredit pasti sudah biasa digunakan oleh masyarakat sekarang untuk transaksi offline maupun online. Untuk pembayaran menggunakan tap-payment di Indonesia juga sudah dapat digunakan, salah satunya menggunakan uang digital dari Telkomsel yang bernama TCASH. Pastinya kalian sudah pernah mendengarnya kan?

Dengan menggunakan uang digital seperti TCASH ini tentunya akan lebih mudah dan praktis sehingga akan membuat waktu kita lebih efisien. Selain itu banyak diskon dan promo yang ditawarkan oleh TCASH sendiri. Bagi kamu yang belum punya mungkin bisa mencobanya.

3. Keamanan terjamin

Dengan transaksi non-tunai ini pastinya semua terjamin keamanannya karena terjamin dengan sistemn password atau nomor pin yang dapat kita atur sendiri. Sehingga hanya kita pemilik aslinya saja yang dapat menggunakannya. Tentu saja jangan memberikan password atau nomor pin kamu ke orang lain, ya kalau tidak ada alasan khusus.

4. Pengeluaranmu bisa dibatasi

Pernah kan kamu sewaktu liburan atau keluar bareng teman-temanmu, pengeluaranmu jadi membengkak dan kamu lupa untuk apa saja?

Nah dengan transaksi non-tunai, kamu bisa melihat transaksimu yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Selain itu kamu juga bisa membatasi pengeluaranmu juga dengan cara mengisi uang digitalmu sesuai budget yang sudah kamu tentukan. Kalaupun kamu menggunakan kartu kredit, kamu juga bisa memberikan limit maksimal untuk pengeluaran kartu kreditmu dalam sebulan.

5. Sudah banyak merchant yang menerima pembayaran non-tunai

Sekarang ini sudah banyak merchant yang menerima pembayaran non-tunai. Dengan begitu, transaksimu akan lebih mudah dan cepat tanpa harus mengantri panjang.

Selain itu biasanya merchant-merchant yang menerima transaksi non-tunai tersebut juga mengadakan promo ataupun diskon bagi konsumennya. Contohnya, jika kamu membeli makanan atau minuman di McDonald’s dan melakukan pembayaran menggunakan uang digital TCASH kamu bisa mendapatkan diskon 20% dari total pembayaranmu.

Bagaimana, kamu tertarik menggunakan uang non-tunai?

Baca Juga: Susur Sungai BI Kalsel, Tukar Uang Lusuh Hingga Kampanye Gerakan Non Tunai

Baca Juga: Tak Perlu Bawa Uang Tunai, Bayar Pajak Tinggal Gesek

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner