Pemkab Tanah Bumbu

Besok, Diskominfo Tanbu Kumpulkan Komunitas Netizen, Ada Apa?  

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Bumbu akan mengundang komunitas netizen di…

Featured-Image
Kegiatan Ngobrol Jurnalistik bersama PWI Tanbu dan Diskominfo Tanbu beberapa waktu lalu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Bumbu akan mengundang komunitas netizen di Gedung PKK Tanah Bumbu, Sabtu (20/07/2019) besok.

Kepala Diskominfo Tanah Bumbu melalui Kabid Pengelolaan Informasi Publik, Julian Triadana, mengungkapkan komunitas netizen tersebut sengaja diundang untuk mengikuti sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Baca Juga: Gerakan Literasi Nasional di Tanbu Ditutup, Peserta Diharapkan Mampu Menulis Feature Sastrawi

Kegiatan tersebut digelar karena melihat sebagian besar netizen masih tidak memperhatikan aturan dan etika dalam mengunggah informasi di media sosial.

“Nah, peran kami untuk memberikan edukasi kepada mereka,” kata Julian kepadabakabar.com, Jumat (19/07/2019).

Sosialisasi KIM ini juga merupakan tindaklanjut dari kegiatan serupa yang digagas oleh PWI Tanah Bumbu bersama Diskominfo Tanah Bumbu beberapa waktu lalu.

Di dalam sosialisasi tersebut, lanjut Julian, pihaknya akan memberikan edukasi kepada komunitas netizen untuk menyampaikan informasi sesuai dengan kaidah jurnalistik serta tidak bertentangan dengan hukum.

Baca Juga: Tak Laporkan Harta Kekayaan, Sanksi Berat Menanti ASN Tanah Bumbu

Di era orde baru, KIM ini dikenal dengan kelompok Pencapir (pendengar, pembaca, dan pemirsa). Intinya, Diskominfo Tanah Bumbu ingin komunitas netizen dapat memberikan informasi dengan akurat dan meminimalkan netizen di Tanah Bumbu tersangkut masalah hukum.

“KIM itu, ‘kan dibentuk dari masyarakat dan untuk masyarakat. Dan kita pemerintah menjadikan komunitas netizen sebagai mitra pemberi informasi dan penyampai informasi secara timbal balik,” katanya.

Selain dihadiri sejumlah komunitas netizen, sosialisasi KIM ini rencananya akan menghadirkan Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, sebagai narasumber.

Baca Juga: Ingin Menulis Novel? Gol A Gong Sarankan Kuasai Ilmu Ini

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif

Komentar
Banner
Banner