Hot Borneo

Berkhutbah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Rhoma Irama Ingatkan Soal Ikhlas dan Sabar

apahabar.com, BANJARMASIN – Raden Haji Oma Irama atau lebih dikenal Rhoma Irama, menjadi khatib salat Jumat…

Featured-Image
Rhoma Irama menjadi khatib salat Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Jumat (15/7). Foto: apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN – Raden Haji Oma Irama atau lebih dikenal Rhoma Irama, menjadi khatib salat Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Jumat (15/7).

Dalam khutbah selama beberapa menit, sosok berjuluk Raja Dangdut itu mengambil kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang ikhlas berkurban karena perintah Allah SWT.

Keikhlasan Ibrahim dan Ismail itulah yang kemudian menjadi awal pelaksanaan ibadah kurban dalam setiap Iduladha.

“Hingga usia renta Nabi Ibrahim terus memohon pada Allah SWT agar diberi keturunan. Permohonan itu dikabulkan, Allah memberinya Ismail,” demikian petikan khutbah Rhoma Irama.

“Namun ketika Ismail dewasa, Allah kemudian memerintahkan Ibrahim untuk menyembelih sang. Ibrahim pun menuruti atas perintah tersebut,” imbuhnya.

Lantas Rhoma Irama mengutip Surat As-Saffat ayat 102 yang berisi pembicaraan Ibrahim dengan Ismail. Tidak dinyana Ismail bersedia mengikuti perintah tersebut, hingga akhirnya Allah menggantikan Ismail dengan seekor kambing.

“Semua yang dilakukkan oleh Nabi Ibrahim itu didasari keikhlasan, sehingga merelakan anak kesayangan kepada Allah SWT,” papar Rhoma.

“Oleh sebab itu, momen Iduladha ini menjadi pengingat untuk umat muslim agar ikhlas berbagi kepada sesama umat yang lain,” imbuhnya.

Seusai menyampaikan khutbah, Rhoma Irama juga diminta langsung menjadi imam salat Jumat. Setiap bacaan salat, terdengar cukup fasih dilantunkan.

Kehadiran Sang Raja Dangdut juga mengundang penasaran jemaah salat yang lain. Mereka akhirnya menanti di pintu keluar imam, sembari mengabadikan momen itu melalui ponsel masing-masing.

Sebelumnya kedatangan Rhoma Irama ke Kalimantan Selatan dalam rangka pelantikan Ketua Forum Silaturahmi Takmir Masjid dan Musala (Fahmi Tamami) di 13 kabupaten/kota di Kalsel.

Rhoma juga menggelar kegiatan bersama Gubernur H Sahbirin Noor dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK di Mahligai Pancasila, Rabu (13/7) malam.



Komentar
Banner
Banner