Libur Nataru

Berbenah Infrastruktur Jalan, Cianjur Dibanjiri 200 Ribu Wisatawan

Sebanyak 200 orang wisatawan asal Jabodetabek memanfaatkan masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di objek wisata Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Featured-Image
Kebun Raya Cibodas, salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Foto: Kebunraya.id

bakabar.com, JAKARTA - Sebanyak 200 orang wisatawan asal Jabodetabek memanfaatkan masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di objek wisata Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jumlah kunjungan tersebut tercatat sejak seminggu menjelang pergantian tahun. Adapun sejumlah objek wisata alam yang menjadi unggulan kunjungan wisatawan di antaranya Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan pantai selatan Cianjur.

“Jumlah tersebut akan terus meningkat hingga libur sekolah usai pekan depan, tercatat angka kunjungan tertinggi ke Kebun Raya Cibodas dan pantai selatan Cianjur," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial seperti dilansir Antara, Senin (1/1).

Baca Juga: 213 Ribu Wisatawan Kunjungi Destinasi Wisata Bantul di Libur Nataru

Lonjakan wisatawan tersebut, kata Danial, ditunjang dengan infrastruktur jalan yang sudah diperbaiki pemda sejak beberapa bulan lalu.

Kondisi tersebut membuat wisatawan merasa cepat dan nyaman menuju objek wisata. Khususnya di kawasan Cianjur Selatan.

Di sisi lain, kunjungan wisata naik juga diiringin dengan perputaran ekonomi yang terjadi di masing-masing wilayah di objek wisata Cianjur.

"Kami akan terus mempromosikan dan memberikan pelatihan serta pendampingan terhadap pelaku pariwisata di Cianjur agar dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan di 2024, termasuk menggelar berbagai kegiatan penunjang berskala lokal, regional hingga internasional," katanya.

Baca Juga: Malam Pergantian Tahun, 32.197 Penumpang Menyeberangi Pelabuhan Merak-Bakauheni

Grand Manager Kebun Raya Cibodas, Joko Sulistio menerangkan kunjungan wisatawan rata-rata sehari mencapai 5.000 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 135 persen.

Adapun mayoritas wisatawan berasal dari Jabodetabek. Dia memprediksi angka kunjungan tetap tinggi di tengah libur panjang sekolah usai pekan depan.

“Saat ini angka kunjungan masih tinggi meski curah hujan yang turun terjadi setiap hari," katanya.

Baca Juga: Kunjungan Candi Borobudur 2023 Lampaui Target 1,4 Juta Wisatawan

Kondisi serupa juga terjadi di Pantai Jayanti di Kecamatan Cidaun. Pengelola, Asep mencatat dua hari menjelang pergantian tahun, kunjungan wisatawan mencapai 6.000 orang. Peningkatan terus terjadi di jelang malam pergantian tahun.

Karena itu, pihaknya terus menambah petugas pantai untuk membantu proses pengawasan dan pemantauan terhadap wisatawan yang terus meningkat selama libur Nataru.

“Tercatat hingga saat ini angka kunjungan masih tinggi," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner