Libur Nataru

213 Ribu Wisatawan Kunjungi Destinasi Wisata Bantul di Libur Nataru

Destinasi wisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu kunjungan favorit para wisatawan menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru

Featured-Image
Wisatawan memadati kawasan pantai selatan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Destinasi wisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu kunjungan favorit para wisatawan menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mencatat sebanyak 213.429 wisatawan menghabiskan masa libur Nataru. Terhitung sejak 22 sampai 31 Desember 2023.

“Dengan PAD (pendapatan asli daerah) sebesar Rp2,076 miliar," kata Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji seperti dilansir Antara, Senin (1/1).

Baca Juga: Malam Pergantian Tahun, 32.197 Penumpang Menyeberangi Pelabuhan Merak-Bakauheni

Adapun kunjungan wisata favorit mayoritas dilakukan di kawasan pantai selatan seperti Pantai Parangtritis di sisi timur, hingga pantai selatan wilayah barat seperti Pantai Gua Cemara dan Pantai Baru Pandansimo.

Sedangkan dalam 10 hari terakhir rata-rata kunjungan harian mencapai 20 ribu wisatawan.

"Data kunjungan pada 31 Desember 2023 sebanyak 34.863 wisatawan dengan penerimaan PAD sebesar Rp336,9 juta. Jumlah wisatawan yang ke kawasan Pantai Parangtritis mencapai 29.643 orang," katanya.

Baca Juga: Kunjungan Candi Borobudur 2023 Lampaui Target 1,4 Juta Wisatawan

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, dalam menyambut wisatawan selama libur akhir tahun tersebut, persiapan yang sudah dilakukan diantaranya dengan melengkapi fasilitas protokol kesehatan, dan memastikan kelayakan sarana prasarana dan pelayanan bagi pengunjung.

"Dan untuk mengurangi penumpukan antrean di loket obyek wisata, calon wisatawan kita imbau untuk mencari informasi destinasi favorit yang akan dikunjungi melalui aplikasi "Jelajah Bantul" serta reservasi online terlebih dahulu melalui aplikasi "Visiting Jogja"," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner