Pemilu 2024

Benny Harman: Netralitas Polri Hanya Khayalan!

Politikus Demokrat Benny K Harman nyinyir di rapat kerja Komisi III DPR bersama Polri, Rabu (15/11). Tuding dia, netralitas polisi hanya khayalan.

Featured-Image
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Benny K Harman. (Foto: JPNN)

bakabar.com, JAKARTA - Politikus Demokrat Benny K Harman nyinyir di rapat kerja Komisi III DPR bersama Polri, Rabu (15/11). Tuding dia, netralitas polisi hanya khayalan.

"Netralitas polisi dalam pemilu itu adalah sebuah utopia (khayalan). Itu hanya ideal saja. Nyatanya tidak," tudingnya.

Bukannya menjelekkan polisi. Benny hanya mengacu realita. Apa adanya. Kata dia, di forum raker ini tak boleh ada yang ditutup-tutupi.

Baca Juga: DPR: Polri Harus Tolak Jika Diminta Pasang Baliho Capres-Cawapres

"Mohon maaf sekali Pak Kabaharkam. Tidak bisa kita tutupi bahwa memang ada anggota yang kerjanya memasang baliho parpol tertentu," sentilnya.

Benny yakin publik juga melihat realita itu. Yang jadi pertanyaan dia, kenapa Polri diam. Kesannya begitu.

Ia lantas bercerita. 2019 partainya pernah mendapat sikap tak nyaman. Bahkan hingga ada aksi pembakaran oleh massa. Polisi, diam. 

"Ini kenyataan pak. Ini saya ungkapkan untuk menegaskan apa yang tadi saya sampaikan. Bahwa netralitas itu adalah sebuah utopia," sindirnya sekali lagi.

Padahal, untuk urusan kamtibmas, pengamanan adalah kewajiban Institusi Polri. Semua parpol mestinya merasa aman karena ada polisi. Bukan sebaliknya. "Ini gugatan kami terhadap netralitas polisi dalam pemilu," imbuhnya.

Baca Juga: Tiga Operasi Polri Amankan Pemilu 2024

Terlepas dari itu, ia mendukung komitmen Polri dalam pengamanan Pemilu 2024. Tapi Benny menuntut agar semua yang dilakukan itu transparan. "Maka apa yang disampaikan Pak Jenderal, bukan sesuatu yang tidak tampak." ucapnya.

Sebelumnya, Kabaharkam Komjen Pol Mohammad Fadil Imran merinci tiga operasi Polri untuk pengamanan Pemilu 2024. 

Pertama Operasi Nusantara Cooling System. Lalu Mantap Brata. Dan ketiga adalah Operasi Kontijensi Aman Nusa.

Editor


Komentar
Banner
Banner