Sport

Belum Ada Pembatalan, Indonesia Masih Berstatus Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Menko PMK sekaligus Plt Menpora Muhadjir Effendy menegaskan Indonesia masih menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Featured-Image
Menko PMK sekaligus Plt Menpora Muhadjir Effendy. apahabar,com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Menko PMK sekaligus Plt Menpora Muhadjir Effendy menegaskan Indonesia masih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Indonesia belum menerima surat pembatalan sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20.

"Opsinya ya tentu saja kita berharap U-20 masih tetap digelar di Indonesia, dan sampai sekarang saya sebagai Plt Menpora belum menerima, ataupun belum melihat surat hitam di atas putih tentang pembatalan U-20 itu," kata Muhadjir di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Rabu (29/3).

Saat ini PSSI masih keputusan dari FIFA dan Indonesia masih berstatus sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20.

"Kalau ada yang merasa menyatakan sudah dibatalkan, ya tanyakan kepada yang menyatakan itu. Tapi saya sebagai Plt Menpora sampai sekarang belum menerima dan juga melihat suratnya, hitam di atas putih," ujarnya

"Karena itu posisi kita sekarang masih sebagai penyelenggara, sampai kita menunggu keputusan FIFA terhadap keberadaan kita sebagai pihak yang sudah ditunjuk sebagai penyelenggara U-20," sambungnya.

Baca Juga: Polemik Piala Dunia U-20, Erick: Sah Saja Jika Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah

Muhadjir kembali mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo, untuk tidak mengaitkan politik dengan olahraga. Menurutnya, FIFA memiliki regulasi sendiri terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Indonesia juga tidak berwenang dalam hal mengatur keikutsertaan peserta Piala Dunia U-20.

"FIFA punya aturannya sendiri dan sifatnya super ordinat atas negara-negara dimana olahraga itu dihelat, atas persetujuan FIFA termasuk di Indonesia ini," ujarnya.

Terkait kehadiran timnas Israel, pemerintah akan menjamin keikutsertaannya dalam keamanan pemain dan offisial. Pemerintah juga tidak akan mengubah komitmen pemerintah terhadap perjuangan Palestina. 

"Tidak ada hubungannya kedatangan Timnas Israel dengan dukungan kita ke Palestina, Bapak Presiden sudah menegaskan bahwa komitmen Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina tidak akan pernah berubah," ujarnya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Berharap Indonesia Tetap jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Saat ini Ketua Umum PSSI Erick Thohir tengah melakukan pertemuan dengan FIFA. Muhadjir mengajak masyarakat untuk bersabar menunggu keputusan dari FIFA.

"Ketum PSSI sedang berkunjung, mendatangi dan mengadakan pembicaraan dengan pihak FIFA, mari kita tunggu, mudah-mudahan semuanya adalah kabar baik untuk Indonesia," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner