mencegah mobil terbakar

Belajar dari Insiden Mobil Terbakar di Banjarbaru, Waspada Bawa Barang yang Mudah Meledak

Baru-baru ini telah terjadi insiden yang mengakibatkan empat mobil terbakar di halaman parkir The Breeze Waterpark, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Featured-Image
Sejumlah mobil terbakar parah di halaman parkir the breeze waterpark Banjarbaru./ Humas Polsek Liang Anggang, Atmo

bakabar.com, JAKARTA - Baru-baru ini telah terjadi insiden yang mengakibatkan empat mobil terbakar di halaman parkir The Breeze Waterpark, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Fakta baru mencuat di balik terbakarnya sejumlah mobil di tempat wisata Banjarbaru tersebut karena gas dan kompor portable yang berada dalam mobil bocor dan memenuhi seisi kabin mobil.

Belajar dari kejadian tersebut, pengamat otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu menilai untuk mencegah mobil terbakar sebaiknya menghindari parkir terbuka dalam jangka waktu yang lama.

"Penting juga untuk menghindari parkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama, memeriksa kondisi kendaraan sebelum digunakan, dan memastikan tidak ada benda mudah terbakar yang diletakkan di dalam atau di sekitar kendaraan," kata Yannes dikutip dari Antara, Minggu (30/4).

Baca Juga: Wuling Lakukan Lokalisasi Baterai Kendaraan Listrik, Jamin Purna Jual

Dosen kelompok keahlian dan desain produk industri ITB itu mengatakan untuk mencegah risiko terjadinya kebakaran pada kendaraan, diperlukan langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Mulai dari melakukan perawatan kendaraan secara rutin, serta memastikan semua bagian kendaraan dalam keadaan baik dan terawat.

Tidak lupa juga teratur dalam merawat kendaraan serta menerapkan sikap hati-hati saat menyimpan barang, benda atau bahan kimia yang mudah meledak di dalam kabin mobil yang terpapar panas tinggi.

Yannes mencontohkan kaleng aerosol dapat lebih mudah meledak pada suhu 60 derajat Celsius ke atas.

Baca Juga: Mobil Terbakar Tiba-Tiba di Banjarbaru, Gimana Cara Menanggulanginya?

Aerosol terdiri dari bahan-bahan yang mudah terbakar dan dalam bentuk tekanan tinggi sehingga dapat sangat sensitif terhadap suhu yang tinggi.

"Akibatnya (aerosol) dapat menyebabkan ledakan jika terpapar suhu yang terlalu tinggi," ujar Yannes.

Akibat aerosol dan dampaknya di halaman selanjutnya...

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner