Arus Balik 2023

Banyak Pemudik Balik ke Jakarta via Pelabuhan Muara Angke

Pemudik dari Pulau Seribu mulai kembali ke Jakarta melalui Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

Featured-Image
Muara Angke, Jakarta Utara , Ratih Widihastuti Ayu Hanifah/apahabar.com.

bakabar.com, JAKARTA - Pemudik mulai kembali ke Jakarta melalui Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara. Pelabuhan Muara Angke menjadi salah satu pemberhentian kapal penumpang dari beberapa wilayah yang ada di Kepulauan Seribu.

Kepala Pelabuhan Muara Angke, Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) I Dishub DKI Jakarta, Ahmad Gozali mengatakan jumlah penumpang yang berangkat dan datang sejak Lebaran mengalami peningkatan.

Pada H+2 Lebaran jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang di Pelabuhan Muara Baru mencapai 6.798 orang.

Baca Juga: Diskon Tarif Tol, Jasa Marga: Maksimalkan Distribusi Lalin Arus Balik

Gozali menyebut pada H+3 Lebaran keberangkatan di Pelabuhan Muara Angke mencapai 11.847 orang dan kedatangan mencapai 8.975 orang.

"Untuk hari ini, H+4 Lebaran jumlah penumpang yang berangkat tadi pagi mencapai 1.860 orang dan pendatang hingga siang ini sudah capai 980 orang. Kemungkinan akan bertambah hingga sore nanti," kata Gozali saat dikonfirmasi, Jumat (28/4).

Kedatangan dan keberangkatan penumpang melalui Pelabuhan Muara Angke bertujuan ke pulau-pulau berpenduduk seperti Pulau Kelapa, Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa.

Baca Juga: Potret Nelayan Muara Angke Arungi Cuaca Ekstrem di Laut demi Keluarga

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak pelabuhan membuat dua trip dan menyediakan 20 armada kapal penumpang.

"Kami perkirakan akan terjadi peningkatan pengunjung kembali besok, karena ada libur nasional. Tentunya kami mengimbau kepada warga untuk membeli tiket secara online, untuk menghindari antrean dan tetap menjaga barang saat perjalanan," ujarnya.

Baca Juga: Dihantam Ombak, Kapal Logistik Karam di Kepulauan Seribu

Sementara, seorang pemudik, Yanti (30) memilih balik ke Jakarta dari Pulau Kelapa menggunakan kapal tradisional via Pelabuhan Muara Angke. Menurutnya, pada Lebaran tahun ini pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kelapa cukup ramai.

Perjalanan yang ditempuh dari Pulau Kelapa menuju Pelabuhan Muara Baru lancar tanpa hambatan.

"Saya pulang sejak H-3 Lebaran dan baru balik lagi hari ini. Saya bersama keluarga pulang pergi menggunakan kapal tradisional tidak ada kendala, walaupun saat pulang sangat ramai sekali di kapal," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner