Kalsel

Bantuan Kemanusiaan Mabes TNI AD Siap Didistribusikan untuk Korban Banjir Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Markas Besar TNI AD memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir di Kalimantan Selatan…

Featured-Image
Bantuan yang diangkut menggunakan 3 Kapal ADRI-50 tiba di Banjarmasin sekira pukul 17.00 Wita Kamis (21/01) kemarin. Foto-Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Markas Besar TNI AD memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebelumnya, bantuan yang diangkut menggunakan 3 buah Kapal ADRI-50 dan tiba di Banjarmasin sekira pukul 17.00 Wita Kamis (21/01) kemarin.

Bantuan tersebut diberikan atas komando langsung Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Panglima Kodam VI/Mulawarman, Mayjend TNI Heri Wiranto.

Bantuan diterima secara simbolis oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Jumat (22/1) pagi.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Heri Wiranto mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas bantuan yang diserahkan oleh KSAD.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Staff Angkatan Darat atas bantuan yang diserahkan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Dia menyampaikan Kapal ADRI-50 membawa bantuan berupa bahan-bahan logistik, peralatan RS Lapangan, serta alat berat guna membantu korban bencana alam di Kalimantan Selatan.

“Dengan tibanya kapal ADRI-50, membawa bantuan bahan sembako berupa Beras sekitar 26 ton, mie instan, peralatan tidur seperti selimut dan tenda hingga konstruksi bersi untuk pembangunan jembatan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pihakya juga membawa personel TNI serta petugas kesehatan untuk melayani korban bencana banjir di Kalimantan Selatan.

“Bantuan juga ada tenaga medis yakni 2 dokter spesialis, 4 dokter umum, 5 bintara perawat, alat medis serta obat obatan,”ucap Mayjen TNI Heri Wiranto

Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah berharap bantuan itu dapat membantu korban yang terdampak banjir di Kalsel.

“Dengan tibanya KRI ADRI-50 yang membawa bantuan dari Bapak Kasad, semoga bantuan ini dapat membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir," ungkap Danrem.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor turut mengucapkan terima kasih atas diterimanya bantuan dari KSAD kepada masyarakat Kalimantan Selatan.

“Kalsel saat ini terkena musibah besar yaitu bencana banjir, saya atas nama rakyat Kalimantan Selatan mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada KSAD atas bantuan yang diberikan. Dan, bantuan ini sesegera mungkin kami salurkan kepada warga kami yang terdampak musibah banjir.” ucap Sahbirin Noor.

KRI ADRI-50 berangkat dari Jakarta membawa bantuan makanan yang terdiri atas beras sebanyak 30 ton, mie instan 6.455 koli, minyak goreng 317 koli, gula pasir 506 kilogram, 613 paket sembako, dan 46 koli sarden.

Selain itu, kapal tersebut juga membawa 760 selimut, tenda sebanyak 38 koli, sarung 125 koli, 4 unit toren berkapasitas 1.000 liter, jembatan acrow panel type 1-1 sebanyak 10 petak, jembatan compact type 1-1 sebanyak 10 petak, 2 unit truk cran carga, dan 1 unit self loader.

Tidak hanya itu, Kasad juga mengirimkan bantuan tenaga medis TNI AD yang terdiri atas 2 dokter spesialis, 4 dokter umum, 5 bintara perawat. Mereka juga turut membawa alat Kesehatan berupa jarum suntik 360 buah, jarum infus 180 buah, dan set infus 90 buah.

Tenaga medis tersebut juga dibekali obat-obatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Mulai obat diare, anti muntah, vitamin, tetes mata, salep kulit untuk gatal-gatal, obat nyeri kepala, obat nyeri pinggang, obat maag, dan antibiotik.



Komentar
Banner
Banner